Pecahkan Soal Prediksi UN, Pekan Ini SMPN Gelar Tryout Berbasis Komputer

413

www.inspirasicendekia.com, MALANG – Siswa kelas 9 SMP di Kabupaten Malang mengikuti tryout Ujian Nasional (UN), sejak Senin (28/1/2019). Soal tryout langsung dikerjakan melalui komputer alias tanpa kertas.

Di SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang misalnya, kegiatan tryout UNBK dilaksanakan selama empat hari hingga Kamis (31/1) mendatang. Tryout dilaksanakan langsung serentak diikuti 381 siswa yang dibagi dalam 20 ruang ujian.

“Tryout dilaksanakan seperti halnya saat UN berbasis komputer (UNBK). Kami siagakan 11 teknisi dan proktor di tiap ruangan selama tryout,” kata Heru Nurgiyanto, waka Kurikulum SMPN 4 Kepanjen, Senin (28/1) siang.

Try Out UN Berbasis Komputer

Dikatakan, tryout yang digelar kali ini merupakan tryout CBT (computer based test) sekolah. Selain itu, lanjut Heru, direncanakan tryout UNBK bersama lembaga bimbel dan MKKS Kabupaten Malang.

“Kami jadualkan setidaknya enam kali tryout dan simulasi UNBK. Semua dilaksanakan berbasis CBT,” kata Heru Nurgiyanto.

SMPN 4 Kepanjen mempunyai tim teknisi yang memastikan kesiapan sampai pelaksanaan UNBK nantinya. Dalam mempersiapkan tryout UNBK ini, tim sebelumnya bekerja memasukkan soal-soal prediksi UN dan men-setting server yang nantinya dihubungkan ke perangkat laptop yang akan dipakai siswa saat UNBK.

Selain SMPN 4, tryout UNBK juga digelar di SMPN 5 Kepanjen dan diikuti total 235 siswa kelas 9. Karena jumlah komputer terbatas, tryout dilakukan dalam dua sesi. Sesi 1 diikuti sejumlah 120 siswa, dan sesi 2 sejumlah 115 siswa. [rul]


Beri Komentar

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait