MTsN 2 Malang Menuju Adiwiyata Nasional: Ramah Lingkungan, Belajar Menyenangkan

inspirasicendekia.com, MALANG – Ruang terbuka dan taman nan asri tampak berada di lingkungan MTsN 2 Malang. Lingkungan yang ramah lingkungan ini, menjadi tempat belajar menyenangkan bagi pelajar setempat.

Karuan saja, ruang terbuka hijau ini bisa menjadi alternatif tempat belajar sewaktu-waktu yang nyaman. Terlebih, di tempat ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas taman duduk atau juga gazebo yang pas untuk belajar dengan santai.

Lihat saja yang dialami beberapa pelajar setempat, Denis Fitria dan teman-temannya, pada Sabtu (5/2/2022). Secara berkelompok, mereka lebih memilih belajar santai di taman terbuka ini. Selama beberapa waktu, mereka tampak berdiskusi di salah satu gazebo taman. Sesekali mereka memilih belajar rekreatif mempelajari tanaman yang ada.

Apa yang ada di ruang terbuka hijau MTsN 2 Malang ini ibaratnya taman edu-rekreatif. Satu tempat yang ramah lingkungan nan asri, namun tetap menghadirkan suasana nyaman untuk kegiatan belajar, sendiri maupun berkelompok.

Lokasinya yang terhampar cukup luas, jauh dari bising dan lalu lalang kendaraan, menjadikan tempat ini cukup tenang. Bagi yang ingin mencari inspirasi dan perenungan (tadabbur), taman belajar inipun cukup pas. Keberadaan edu-recreative park ini, juga menjadi penunjang bagi lingkungan ma’had (asrama) putri yang ada MTsN 2 Malang.

Lingkungan belajar ramah lingkungan ini berawal dari ikhtiar MTsN 2 Malang mengembangkan wawasan adiwiyata sejak 2017 silam. Hingga, kemudian mendapatkan penghargaan madrasah adiwiyata pada 2018, dan penghargaan adiwiyata Provinsi Jatim pada 2020 lalu.

Kepala MTsN 2 Malang, H Samai MAg mengungkapkan, mengembangkan madrasah berwawasan dan berbudaya lingkungan sangat penting, dan punya banyak manfaat yang bisa didapatkan.

“Sudah jadi kewajiban kami mewujudkan madrasah adiwiyata hingga tingkat nasional dan mandiri. Apalagi, banyak manfaatnya dengan menjadi adiwiyata. Ya, termasuk pembisaan karakter, dan penguatan esensi dan nilai-nilai belajar ramah dan berwawasan lingkungan,” tandas Samai. [amien]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.