ads

UNBK SMAN 1 Bululawang, Bahasa Indonesia Tertinggi Di Atas Kelulusan Minimal

inspirasicendekia.com, MALANG – Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dicapai siswa SMAN 1 Bululawang Kabupaten Malang belum merata. Hanya beberapa mapel yang nilainya melebihi standar kelulusan minimal (5,5).

Tercatat, NUN mapel Bahasa Indonesia mencapai persentase tertinggi di atas kelulusan minimal, yakni sebesar 94,1 persen. Urutan berikutnya, adalah mapel Sosiologi (79,2%), Ekonomi (76,2%), Biologi.

Akan tetapi, sejumlah mapel didapati persentasenya masih di bawah standar kelulusan minimal. Paling rendah adalah Matematika, yakni hanya 10,8 persen. Disusul mapel lainnya, diantaranya Fisika (35,3%) dan Bahasa Inggris (41,6%)

Waka urusan Kurikulum SMAN 1 Bululawang, Wahyu Iriani mengungkapkan, jumlah total siswa kelas XII adalah 361 siswa. Mereka terbagi dalam rombel program IPA sejumlah 212 siswa dan IPS sejumlah 149 siswa.

“Hasil yang dicapai siswa sudah sesuai dengan proses pembelajaran yang diberikan guru selama ini. Ya, memang ada yang mendapatkan nilai bagus, lainnya masih rendah,” kata Wahyu Iriani.

Menurutnya, peserta didik yang memang rajin tetap termotivasi belajar, dan ini terbukti hasil ujian semester dan UN relevan atau sama-sama baik.

“Siswa yang tekun dan pinter mendapatkan hasil ujian lebih baik. Jadi, pembelajaran oleh guru artinya sudah efektif,” imbuhnya.

Meski persentase nilai kelulusan di atas standar rendah untuk beberapa mapel, nilai rerata semua siswa lebih tinggi. Tertinggi adalah nilai rerata Bahasa Indonesia, yakni 74,6, dan rerata nilai Matematika sejumlah 40,5.

Sedangkan, dari hasil UN perorangan, tercatat dua siswa mendapatkan nilai sempurna (100), masing-masing pada mapel Bahasa Inggris dan Biologi. [rul]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.