ads

Tryout UNBK MKKS SMP, Siswa Dihadapkan Soal-soal Sulit HOTS

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Siswa kelas 9 SMP se Kabupaten Malang kembali mengikuti tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) MKKS SMP, Sabtu (23/3/2019). Mereka dihadapkan soal-soal kategori sangat sulit atau HOTS (high thinking order skills).

“Untuk beberapa kali tryout yang diselenggarakan, standar soal memang sudah sesuai kisi-kisi UNBK nantinya. Yakni, mencakup setidaknya 25 persen soal level HOTS. Sisanya, dengan tingkat kesukaran sedang dan mudah,” ungkap Heru Nurgiyanto, waka kurikulum SMPN 4 Kepanjen, Sabtu (23/3/2019) siang.

Dikatakan Heru, di SMPN 4 Kepanjen sendiri sudah lebih dari empat kali melaksanakan tryout UNBK. Menurutnya, pada empat kali tryout sekolah dan dua kali tryout UNBK MKKS SMP se Kabupaten Malang, soal yang diberikan pada siswa sudah mencakup semua tingkat kesukaran tersebut.

  • Save

“Dari beberapa kali tryout sekolah atau yang diselenggarakan pihak lain, hasilnya meningkat, meski sempat turun juga. Tetapi, rata-ratanya masih belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75,” bebernya.

Terlebih, lanjut Heru, analisa hasil tes untuk kategori sulit pada soal-soal HOTS, juga belum dilakukan.

“Hasil tryout MKKS pertama belum dianalisa. Untuk perbandingannya sekalian menunggu hasil tryout kedua ini,” jelas Heru.

Hasil terakhir tryout yang diperoleh siswa SMPN 4, rata-rata tertinggi mencapai 68. Ada peningkatan hampir 4 poin, dibanding hasil sebelumnya yang hanya 65.

Heru lalu merinci, nilai rata-rata yang didapatkan sejumlah 381 siswanya terendah sekitar 55, sedangkan tertinggi sudah 80. Rata-rata ini paling tinggi untuk mapel Matematika, sementara paling rendah mapel IPA.

“Rata-rata rendah yang masih mengkawatirkan pada siswa lower sejumlah sekitar 35 anak saja. Tetapi, tidak sedikit juga yang bisa mendapatkan nilai 100 untuk skor per mapelnya,” demikian Heru Nurgiyanto. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *