Terbaik, 7 Tahun Pelajar SMK Malang Ini Raih Juara LKS SMK Nasional

1.131

Www.inspirasicendekia.com, MALANG – Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang, Jawa Timur, selalu paling unggul. Kompetensi keahliannya di bidang otomasi industri dinilai terbaik tujuh tahun terakhir.

Setidaknya, ini terbukti dari hasil Lomba Kempetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional 2019 ini. Di ajang bergengsi LKS tingkat Nasional ini, SMK Muhammadiyah 1 kembali mempersembahkan prestasi terbaiknya.

“Siswa kembali juara I dan mendapatkan medali emas bidang lomba Industrial Control, juga perunggu bidang mobile robotic. Prestasi juara LKS nasional ini, adalah tahun ke-7 untuk industrial control dan tahun ke-4 yang mobile robotics,” terang Ivayanti Maysarah, kepala laboratorium Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Ahad (14/7/2019).

Penghargaan juara LKS SMK Nasional ini diberikan langsung Direktur Pembinaan SMK Kemdikbud RI saat acara penutupan LKS SMK di Gedung Sleman City Hall Yogyakarta, Jumat, 12 Juli 2019, malam.

Siswa peraih medali emas LKS SMK Nasional bidang Industrial Control ini adalah Aliffiandi Arga Zaid Elfahmi. Sedangkan, tim peraih juara III Mobile Robotics adalah Andika Bagus Setiawan dan Nur Afandi.

Selain siswa SMK Muhammadiyah 1 ini, satu pelajar asal Kabupaten Malang lainnya juga unggul di ajang LKS SMK nasional tersebut. Yakni, dari SMKN 1 Kepanjen atas nama Wiladhi Nur Praktikto yang memenangi bidang lomba electronic application.

“Siswa kami menang juara 2 dan meraih medali perak. Ia mampu bersaing dengan peserta lain wakil dari 29 provinsi se Indonesia,” kata waka humas SMKN 1 Kepanjen, Anis Farida.

Berbeda dengan SMKM 1, prestasi LKS SMK nasional ini adalah kali pertama diraih SMKN 1 Kepanjen. Menurut Anis, pada LKS SMK tahun sebelumnya, salah satu siswanya hanya mampu bersaing hingga tingkat provinsi Jawa Timur. [amn]

Berita Terkait