ads

Student Talent Center, Cara SMK MUTU Bangun Prestasi Para Siswa Juara

MALANG – Tidak ada prestasi tanpa bakat dan kerja keras. Keberbakatan siswa yang diwadahi dan dibangun dengan baik, akan melahirkan motivasi dan mental unggul melahirkan berbagai prestasi.

Ini pula yang menjadi atensi tersendiri SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Kabupaten Malang. Melalui Student Talent Center, keberbakatan apapun yang dimiliki siswanya, bisa terus diasah dan mendapatkan pengalaman hingga kelak menjadi kemampuan terbaik mereka.

Setidaknya, bakat-bakat terbaik pelajar SMK Mutu mampu ditunjukkan di ajang kompetisi tingkat nasional Muhammadiyah Education Awards (MEA) akhir 2021 lalu. Di acara puncak yang digelar secara luring di Unmuh Surabaya Jawa Timur tersebut, SMK Mutu memperoleh 2 medali emas, 2 medali perak, dan 10 penghargaan special award.

Dua medali emas diraih dalam kategori lomba bussiness plan dan pidato bahasa Inggris, sera dua medali perak diraih dari kategori tahfidz dan pidato bahasa Inggris.

Upaya pengembangan bakat dan prestasi yang dilakukan SMK Mutu Gondanglegi selama ini pun menjadikannya kembali dinobatkan sebagai juara umum ajang ME Awards 2021 kategori SMK.

Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Munali, ST MPd, bersyukur kembali menjadi juara umum kali kedua berturut-turut di ajang ME Award ini. Hal ini sekaligus supremasi SMK Mutu sebagai ‘the outstanding school’ satu-satunya di level sekolah menengah kejuruan.

Prestasi membanggakan SMK Mutu dari ajang ME Award ini diantaranya medali emas kategori business plan, yang diraih tim beranggotakan tiga siswa. Yakni, M Yusuf Maulana, Zoulhijjah Harinda A dan Salsabila Azzahra.

Tim business plan SMK Mutu ini ditetapkan menjadi yang terbaik mengungguli peserta lain tingkat nasional, setelah presentasi bisnisnya dinilai paling bernilai prospek pasar tinggi. Yakni, berupa kreasi bisnis ‘Teh Panic’.

Selain itu, pelajar SMK Mutu juga ditetapkan menjadi juara 1 dan 2 English speech. Epsi Passa, menyabet juara 1 atau golden medal, setelah mengungguli pesaing-pesaingnya dari seluruh sekolah Muhammadiyah se-Indonesia.

Prestasi bidang English speech memang sudah familiar dan hal baru di kalangan siswa-siswi SMK Mutu Gondanglegi. Karuan saja, sejumlah kegiatan berbasis bahasa Inggris selama ini terwujud dalam program percepatan berbahasa Inggris di lingkungan berpredikat SMK Pusat Keunggulan Kemendikbud ristek ini.

Epsi pun mengaku sangat senang menjadi bagian dari SMK Mutu, karena passionnya dalam Bahasa Inggris terwadahi melalui budaya sekolah. Mulai dari pembelajaran di kelas, English zone, morning English speech hingga ekstrakurikuler lain bahasa Inggris.

“Pembiasaan berbahasa Inggris di sekolah yang dijalankan ini memberikan dampak besar pula terhadap kemampuan bahasa Inggris saya,” kata Epsi Passa. [ril/min]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.