ads

Mutiara Pasca Nanasya, Duta Pancasila Terbaik

Foto: Pelajar SMAN 1 Sumberpucung, Mutiara Pasca Nanasya, peraih Duta Pancasila Terbaik.

AJANG Pemilihan Duta Pancasila 2021 selesai digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Misi dan tekad besar diusung para duta yang merupakan pelajar dan generasi muda. Membumikan dan memajukan nilai-nilai Pancasila!

Di ajang grandfinal pemilihan Duta Pancasila ini, duta kecamatan Sumberpucung terpilih sebagai juara 1 Duta Pancasila Terbaik. Mereka adalah Mutiara Pasca Nanasya, Dianita Dwi Purwanto dan Saibya Praya Faisany.

Bagi para Duta Pancasila terbaik ini, membumikan Pancasila di Indonesia perlu cara-cara tersendiri. Memaknai Pancasila secara lebih nyata tidaklah cukup menjadi topik diskusi saja.

Mutiara Pasca Nanasya, yang merupakan pelajar SMAN 1 Sumberpucung (Smaloka) Kabupaten Malang, menyadari betul hal ini. Menurutnya, mewujudkan nilai-nilai Pancasila juga bisa dengan kreativitas yang pas dengan pemuda.

Karena itu, sebagai Duta Pancasila terbaik yang mewakili kecamatan Sumberpucung, ia mencoba inovasi memajukan Pancasila melalui Wuruga Pagarapan, singkatan dari ‘Wujudkan generasi muda yang patut dibanggakan dan penuh harapan.’

Program Wuruga Pagarapan tersebut tentunya harus disertai kerja nyata. Diantaranya, mengedukasi calon generasi muda sejak pelajar usia dasar, baik dari TK SD SMP hingga SMA.

Menurutnya, membumikan Pancasila ini tidak hanya dilakukan online, melainkan juga dengan mengadakan kegiatan langsung, dilengkapi permainan dan cara yang mudah agar pemuda termotivasi mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami yakin, akan dapat menjadi representasi pemuda di Kabupaten Malang, dalam pengimplementasian nilai nilai Pancasila sehari-hari. Penguatan karakter yang akan menjadi fokus utama kami, dan menjadi poin penting program tersebut,” jelas Mutiara Pasca.

Mutiara Pasha sendiri tergolong sosok pemuda harapan dengan sejumlah prestasi membanggakan. Sebelumnya, pernah meraih juara Puteri Intelejensia 2021 yang digelar Putera Puteri Pendidikan Indonesia Jawa Timur.

Pelajar yang jago berpidato ini juga merupakan finalis 15 besar Duta Genre Jawa timur dan juara 1 duta Genre Kabupaten Malang. Pengalaman lainnya, ialah juara favorit Puteri Kartini se Malang Raya dan 20 besar finalis Kakang Mbakyu Cilik. [rul]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.