ads

Memajukan Pancasila, Kobarkan hingga Jiwa Raga

Foto: Ajang grandfinal Pemilihan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2021.

MALANG – Pemilihan Duta Pancasila menjadi ajang peneguhan para duta finalis terhadap nilai-nilai Pancasila. Yakni, sejauh mana Pancasila termaknai dalam kehidupan sebenarnya.

“Pancasila itu tidak hanya dalam otak (dihapalkan). Tetapi, (dimaknai) juga dalam hati dan jiwa, serta di sini (raga) kita,” pesan anggota DPRD Jawa Timur, Sri Untari, sambil menunjuk hati dan badannya, dalam kesempatan grandfinal Duta Pancasila yang dilangsungkan di Pendopo Kantor Bupati Malang, Minggu (19/12/2021) malam.

Menurut Untari, menjadi duta Pancasila berarti harus bisa memaknai dan mengamalkannya secara keseluruhan, dalam tindakan dan perilaku semua anggota badan.

“(Jika sudah dipahami) maka Pancasila akan jadi kebiasaan perilaku, lalu menjadi karakter. Setelah itu, maka Pancasila akan menjadi kebutuhan kita semua,” tegas perempuan yang kini sekretaris PDIP Jawa Timur ini.

Malam grandfinal pemilihan Duta Pancasila Kecamatan se Kabupaten Malang 2021 ini secara khusus juga dihadiri Wakil MPR RI, Ahmad Basarah, Bupati Malang HM Sanusi, Sekdakab Malang, juga jajaran Forkopimda Kabupaten Malang.

Kepada para finalis, para pejabat penting ini juga berkesempatan secara bergantian memberikan sejumlah pertanyaan. Materi pertanyaannya tentang pemahaman Pancasila, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

Terpisah, ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, Priyo Sudibyo menyatakan, dari ajang Duta Pancasila ini nantinya diharapkan bisa terbentuk hingga tingkat desa/kelurahan.

“Pancasila harus juga dimajukan melalui berbagai program dan kegiatan. Peran para duta Pancasila ini penting, dan tidak berhenti dan selesai di ajang pemilihan ini,” kata Priyo Sudibyo.

Karena itu pula, lanjutnya, para Duta Pancasila ini akan terus diwadahi dan diberi ruang lebih. Yakni, melalui Yayasan Duta Pancasila Indonesia yang bakal diinisiasi nantinya.

Dalam kesempatan ini pula, Bogank, sapaan Priyo Sudibyo, sempat menagih ide pembentukan Yayasan Duta Pancasila yang sempat digagas Sri Untari.

“Duta Pancasila ini nanti juga bisa ikut menjadi corong menguatkan nilai-nilai Pancasila, kepada anak-anak juga masyarakat, juga membentengi dari intoleransi atau anti-radikalisme,” pungkasnya. [mn]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.