ads

Duwi Maha Derta, Duta Pancasila Inspiratif Kabupaten Malang

Duwi Maha Derta, Duta Pancasila Inovatif, saat menerima penghargaan dari anggota DPRD Jatim, Sri Untari.

AJANG Pemilihan Duta Pancasila 2021 kembali digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Misi dan tekad besar diusung para duta yang merupakan pelajar dan generasi muda ini. Membumikan dan memajukan nilai-nilai Pancasila!    Memperkuat karakter dan perilaku kehidupan dengan membumikan nilai-nilai Pancasila menjadi hal yang perlu dilakukan lebih serius bahkan sejak dini. Sehingga, nilai-nilai Pancasila mewujud menjadi bagian dari kehidupan sosial bermasyarakat dan berbangsa.

Ini pula yang coba diusung para Duta Pancasila terpilih Kabupaten Malang 2021. Salah satunya, Novianus Duwi Maha Derta, finalis Duta Pancasila perwakilan dari SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi. Derta begitu panggilannya, meraih penghargaan sebagai Duta Pancasila Kecamatan se Kabupaten Malang dengan predikat sebagai “Duta Inspiratif”.

Seperti apa ide dan wawasan Maha Derta membumikan nilai-nilai Pancasila?

Pancasila merupakan pandangan hidup dan rumusan Dasar Negara Indonesia. Karena itu, sebagai pemuda harus mampu membumikan Pancasila. Kuncinya tangguh dalam mengemukakan kebenaran dan berani dalam menghadapi segala rintangannya.

“Pemuda hebat adalah pemuda yang cerdas, mampu menyaring dan menyuarakan kegelisahan rakyat,” tegas siswa yang kini duduk di kelas XII jurusan Keperawatan ini.

Menurut Derta, pemuda juga harus produktif, dan mampu melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Terpenting juga, penguatan pemahaman Pancasila sejak dini pada usia sekolah dasar, sebagai upaya untuk menyiapkan bibit-bibit negarawan sejati.

Pemuda duta Pancasila, lanjutnya, juga harus mau mengedukasi masyarakat terhadap ideologi Pancasila dan pengamalannya memanfaatkan teknologi digital dan media sosial.

Dia lalu mencontohkan, pentingnya aplikasi digital yang bisa mengedukasi dan menanamkan nilai-nilai Pancasila, agar lebih mudah dipahami banyak kalangan.    “Mau bergerak memahami pendapat, membenarkan yang benar, itulah motivasi Saya. Juga, menjadi pemuda yang faham Pancasila sebagai teladan bagi masyarakat Indonesia,” tekad remaja ini.

Derta mengakui, pengalaman mengikuti ajang pemilihan Duta Pancasila Kecamatan se Kabupaten Malang tahun 2021 ini merupakan hal yang baru baginya.

Selama seleksi, setiap tahapan hingga grand final menurutnya cukup menantang. Namun, ini justru yang membuatnya semangat berlatih sebaik mungkin agar tidak tereliminasi.

Pemilihan Duta Pancasila di Kabupaten Malang sendiri diselenggarakan sejak tahun 2020 dan menghasilkan 15 finalis. Tahun ini, pemilihan Duta Pancasila diikuti oleh 63 peserta dari 27 kecamatan. [mif/min]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.