Cakap Layani Nasabah, SMK Mutu Juarai Frontliner Perbankan Nasional

1.106

Www.inspirasicendekia.com, MALANG – Kompetensi pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang terbukti unggul. Di ajang kompetisi frontliner perbankan tingkat nasional belum lama ini, juara bisa diraih SMK Mutu.

Ajang kompetisi ini adalah Islamic Finance Festival (IFF) 2019 tingkat nasional yang digelar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 10 Juli 2019 lalu. Setidaknya 35 tim peserta dari SMA/SMK bersaing manjadi yang terbaik di festival pelajar ini.

“SMK Mutu mengirim dua tim peserta di masing-masing bidang lomba. Alhamdulillah, lomba Teller mendapat juara 1 dan 2, sedangkan Customer Service (CS) dapat juara 1 dan 3,” kata Silvia Rahman, Kaprogli Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Ahad (14/7/2019).

Peraih juara lomba Frontliner IFF 2019 tingkat nasional ini adalah Sherlia Faramida (juara 1) dan Lovina Putri (Juara 2) untuk bidang lomba Teller. Juara lainnya adalah Melika (Juara 1) dan Adelia Wineke (Juara 3) lomba Customer Service.

Dikatakan Silvia, awalnya peserta Fronliner IFF diharuskan mengirim video berdurasi 5 menit dan upload youtube, lalu dinilai oleh panitia. Isi video tentang praktik rangkaian pekerjaan sebagai Customer Service dan Teller bank.

Setidaknya, ikut 35 tim peserta dari SMA/SMK di Jatim, namun yang lolos hanya 10 peserta. 10 finalis lalu diundang ke Unmuh Sidoarjo untuk tampil langsung di depan juri.

Menurut Silvia Rahman, yang paling sulit pada project teller, adalah saat menghitung uang dengan cepat dan akurat, mengingat standar pelayanan teller maksimal 3 menit

Sementara, peserta lomba CS dituntut bisa memahami karakteristik tiap produk bank, dan memilihkan yang cocok dengan kebutuhan nasabah. Cara mempresentasikannya juga harus jelas dan mudah dimengerti calon nasabah.

“Urutan SOP pelayanan peserta dari SMK Mutu dinilai paling lengkap menurut juri,” pungkasnya. [rul]


Beri Komentar
Berita Terkait