Pembinaan Guru SD, Dindik Kabupaten Malang Perkuat Karakter dan Kinerja

1.120

www.inspirasicendekia.com, MALANG – Pembinaan kepada ribuan guru SD se Kabupaten Malang telah digelar Dinas Pendidikan selama 1 sampai 13 Juli 2019. Hasilnya, diharapkan kinerja dan tanggung jawab guru semakin baik dan mutu pembelajaran meningkat.

Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam setiap kesempatan pembinaan terus mengingatkan para guru untuk memiliki etos dan tanggung jawab yang bisa diteladani.

Ditegaskan, pembinaan terhadap para guru ini sangat penting meningkatkan mutu pendididikan yang lebih merata jenjang SD di Kabupaten Malang, setidaknya menaikkan peringkat hasil USBN SD/MI 2020 mendatang.

Hasil USBN SD/MI 2018 lalu, urutan peringkat SD Kabupaten Malang adalah ke-17 Jawa Timur. Pada USBN 2019 lalu, peringkatnya naik di 10 besar.

“Kami berharap pada USBN 2020 mendatang, prestasi akademik siswa SD Kabupaten Malang masuk peringkat 5 besar provinsi,” tegasnya, Senin (15/7/2019).

Slamet juga mengimbau, guru lebih banyak memanfaatkan waktu luang selama di sekolah. Yakni, saat semua jam pelajaran selesai sebelum jam pulang. Ini karena jam kerja guru ini sama dengan ASN lainnya, yakni 37,5 jam sepekan.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan SD Siti Fatimah mengungkapkan, hasil yang diharapkan selama memberikan pembinaan kepada guru adalah memperkuat disiplin kerja dan tertib waktu mengajar guru.

“Juga terkait kejujuran, etos kerja dan tanggung jawab sebagai pendidik,” tegasnya.

Dampak lainnya, kata Siti Fatimah, adalah pembiasaan pendidikan karakter kepada peserta didik. Harapannya, semua bisa meraih prestasi dengan mengedepankan kejujuran.

Pembinaan para guru ini dikemas dalam tema Sukses USBN 2019/202 dengan total peserta lebih dari 2 ribu guru, khususnya guru kelas 5 dan 6, dan kepala SD negeri dan swasta. [min]

Berita Terkait