Pengenalan Lingkungan Sekolah, Siswa Baru Dibekali Keteladanan dan Motivasi

1.073

Www.inspirasicendekia.com, MALANG – Tahun ajaran 2019/2020 dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), mulai Senin (16/7/2019). Tak hanya bagi siswa baru, warga sekolah pun tampak bersuka cita menyambut dan mengikuti kegiatan ini.

Selama kegiatan PLS, banyak dimunculkan motivasi dan optimisme yang diharapkan bisa membangun minat belajar siswa baru nantinya. Lingkungan pembelajaran yang ramah dan penuh keteladanan juga sangat ditonjolkan.

Di SMPN 4 Kepanjen misalnya, hari pertama sekolah sekaligus pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru dikemas penuh optimis dan motivasi saat apel pembukaan, Senin (16/7) pagi. Pembukaan kegiatan PLS ini dipimpin langsung Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Puji Hariwati MPd, yang sekaligus mengukuhkan secara simbolis perwakilan siswa baru.

Motivasi berprestasi juga disuntikkan pihak SMPN 4 dengan melakukan penghargaan atas prestasi nasional yang baru saja diraih siswa terbaiknya. Yakni, M Ndaru Langlang Buana, peraih medali emas OSN IPS SMP tingkat nasional 2019. Ndaru Langlang, diberi penghormatan dengan pengalungan bunga di hadapan 352 siswa baru, guru, serta segenap walimurid kelas 7.

Siswa baru peserta PLS SMPN 4 Kepanjen juga diberi pemahaman tentang tata krama, tata belajar efektif, bahaya obat terlarang, kenakalan remaja, serta pengenalan mental kepribadian dan potensi diri.

Sambutan ramah dan hangat juga diberikan kepada siswa SMPN 5 Kepanjen. Sejumlah siswa anggota OSIS SMPN ini tampak antusias menghadirkan kesan lingkungan yang ramah untuk belajar.

Mereka membawa sejumlah poster bertema adiwiyata, yakni lingkungan sekolah sehat, bersih, dan hijau. Poster-poster karya siswa Sekolah Adiwiyata Mandiri ini diantaranya bertuliskan pesan pelestarian alam, kebersihan lingkungan, dan sebagainya.

Di semua sekolah, hari pertama MPLS ini juga menghadirkan semua wali murid kelas 7 atau siswa baru, sekaligus penyerahan kepada pihak sekolah. [rul]

Berita Terkait