Karya Ilmiah 17 Tim Bersaing di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

896

Www.inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 17 tim pelajar SMP di Kabupaten Malang mengusulkan karya ilmiahnya di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kemendikbud. Mereka akan bersaing dengan hasil penelitian pelajar lain se Indonesia.

Diajukannya hasil penelitian ini setelah pekan sebelumnya, semua tim peserta ini diminta melakukan presentasi di hadapan tim penilai OPSi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

“Untuk Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun ini, Dinas Pendidikan mengadakan seleksi dulu tingkat kabupaten. Kemarin yang diminta presentasi proposal penelitiannya dari 17 sekolah pada 3 kategori yang ditentukan,” kata Hidayah Susatri, selaku koordinator sekaligus juri OPSI Kabupaten Malang bidang IPS.

Dikatakan, aspek penilaian karya penelitian dibagi 80% skor naskah dan 20% skor presentasi. Tiga kategori penelitian mencakup bidang IPS (sosial), rekayasa dan teknik, serta IPA dan lingkungan.

“Tiga terbaik ditentukan dari masing-masing kategori. Dari tiga terbaik ini, harus presentasi lagi untuk dipilih terbaik 1.2.3,” imbuhnya.

Hasilnya, SMPN 1 Singosari terbaik bidang IPS, SMPN 1 Pagelaran bidang rekayasa dan teknik, dan SMPN Singosari 2, terbaik bidang IPA dan lingkungan.

“Karya dan presenasi ilmiah paling bagus SMPN 1 Singosari, SMPN 1 Pagelaran dan SMPN 2 Singosari. Tetapi semuanya dikirim lagi ke nasional setelah ada perbaikan dan pembimbingan,” pungkasnya. [amn]


Beri Komentar
Berita Terkait