Terakreditasi, Perpustakaan SMPN 2 Turen Tingkatkan Layanan dan Literasi

619

inspirasicendekia.com, MALANG – Perpustakaan sekolah milik SMPN 2 Turen Kabupaten Malang terus berbenah. Agar lebih meningkat pelayanannya, perpustakaan SMPN 2 Turen mendapatkan penilaian akreditasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Kamis (28/11/2019) sore.

Dua asesor tim akreditasi Perpusnas RI ini adalah Ir Djati Wahyuni dan Martini S.Sos, didampingi wakil dari Badan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Malang. Tim asesor ini memeriksa dan menilai beberapa aspek selama beberapa jam. Mulai aspek administrasi pelayanan pinjam-baca, ketersediaan tenaga, koleksi dan ruang baca, hingga perangkat IT pendukung.

“Dari refleksi hasil penilaian, dua hal yang harus tetap diperhatikan. Selain representasi ruang, keberadaan pustakawan profesional memang perlu diperhatikan untuk meningkatkan pelayanan,” demikian Kepala SMPN 2 Turen, Sunardi MPd, Jumat (29/11).

Hal lainnya, lanjut Sunardi, adalah pemenuhan harapan Perpurnas RI terkait adanya dukungan anggaran setidaknya 6 persen dari pembiayaan sekolah untuk pelayanan dan pengembangan perpustakaan sekolah.

“Sejauh ini sudah dipenuhi, terutama untuk pengadaan buku teks dan penambahan koleksi buku pengayaan. Tetapi, masih harus dipenuhi untuk peningkatan keprofesian berkelanjutan pustakawan sendiri,” imbuhnya.

Sunardi menambahkan, secara umum beberapa item perpustakaan sekolah terakreditasi sudah merata diprioritaskan pemenuhannya. Termasuk juga, perlengkapan perangkat IT beserta tim ahlinya.

Menurutnya, kapasitas akses dan jaringan dan kualitas alat untuk meningkatkan pelayanan berbasis IT akan terus ditambah. Hal ini juga terintegrasi sistem manajemen sekolah yang ada portal web khusus perpustakaan sekolah di dalamnya.

“Dengan akreditasi ini, tentunya kami menjadi terdorong terus meningkatkan pelayanan pengguna perpustakaan sekolah lebih baik. Baik dari kualitas bahan bacaan, hingga kecepatan dan ketepatan pelayanan,” tegas Sunardi. [min]

Berita Terkait