Pamerkan 374 Lukisan, Pelajar SMPN 4 Sulap Ruang Kelas Jadi Galeri Unik

792

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pekan pertama awal masuk sekolah usai libur akhir semester gasal, kreativitas ditunjukkan pelajar SMPN 4 Kepanjen. Sejumlah 374 lukisan karya mereka dipamerkan di sekolah hari ini, Sabtu (5/1).

Berbagai jenis lukisan di atas media kanvas ini dipajang sedemikian rupa, di sejumlah ruang kelas SMPN 4 Kepanjen. Karya lukisan dipajang sedemikian rupa, sehingga tiap ruang kelas bak galeri pameran seni dengan keunikan masing-masing.

Motif lukisan bermacam-macam, tetapi yang paling banyak adalah gambar lukisan bunga dan pemandangan. Dengan setting ornamen dan pernak-pernik interior menambah kesan eksentrik dan artistik ruang pameran.

Berbagai lukisan ini merupakan hasil keterampilan siswa bidang seni yang dibimbing guru Seni Budaya, yakni Endry Yoheni dan M. Nuril Anwar. Gelar karya berupa pameran ini sebagai bentuk penilaian ujian praktek mapel Seni Budaya.

“Lukisan merupakan karya keterampilan seluru siswa kelas 9. Jumlahnya sebanyak 374, dengan jenis dan tema lukisan bebas,” kata Guru pembina Seni-Budaya SMPN 4 Kepanjen, Endry Yoheny.

Dikatakan, gelar karya pameran lukisan seperti ini memang rutin dilakukan khusus oleh siswa kelas 9 yang akan menghadapi ujian nasional. Tetapi, lanjutnya, tahun sebelumnya media lukisan juga menggunakan kain kaos.

Kepala SMPN 4 Kepanjen Supriyanto mengungkapkan, pameran lukisan ini menjadi bentuk apresiasi terhadap bakat dan keterampilan siswa. Lebih dari itu, lanjutnya, diberikan pula penilaian terhadap kreativitas mereka.

“Tidak hanya dinilai lukisannya, namun juga kreativitas dalam menata dan mendisain ruang pameran. Termasuk kekompakan dan karakter siswa dalam bertanggung jawab selama dan sesudah selesai pameran,” kata Supriyanto, Sabtu (5/1) siang.

Pelajar SMPN 4 Kepanjen memang terbilang cukup kreatif dan berbakat di bidang seni budaya. Seperti pameran kreasi barang bekas saat acara Pengimbasan Sekolah Rujukan belum lama ini. Sebelumnya, pernah digelar pameran Topeng Malangan dalam meramaikan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1254. [rul]


Beri Komentar
Berita Terkait