ads

Miliki Teaching Factory, SMK Cendika Bangsa Perkuat Keahlian Produktif

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Tahun ajaran 2017/2018 mendatang, dipastikan kompetensi keahlian siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen akan lebih diperkuat dan bertambah. Ini setelah SMK ini segera memiliki teaching factory bantuan dari pemerintah.

Dengan dimilikinya teaching factory ini, praktis pembelajaran produktif akan lebih fokus dan terintegrasi standar dan kebutihan dunia usaha dan industri (DUDI).

“Pembelajaran produktif akan lebih panjang dan kontinyu melalui program teaching factory. Standarisasi apa yang digunakan dalam industri nantinya juga akan didapati dan dialami siswa,” demikian kepala SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Rahmat Farich, SE (21/6).

Terpisah, waka humas SMK Cendika Bangsa Hesti Damayanti SPd mengungkapkan, selain kompetensi keahlian siswa diperkuat dengan adanya teaching factory, kemampuan mereka masih ditambah dengan beberapa keterampilan tambahan. Misalnya, penguatan kewirausahaan dan penguasaan komunikasi sehingga lulusan memiliki komunikasi dengan luar yang bagus.

  • Save
Pembelajaran mapel simulasi digital semua program keahlian.

Menurutnya, kompetensi lulusan SMK Cendika Bangsa juga sudah terbukti. Setidaknya, dari sejumlah 190 lulusan tahun ini, sebagian sudah terserap di sejumlah perusahaan ternama, seperti PT JAI, PT YEMI, PT Ahass, dan Alfamart/Alfamidi.

“Dari jumlah lulusan tahun ini, setidaknya sepertiga persen sudah terekrut kerja sebelum lulus,” imbuhnya.

SMK Cendika Bangsa Kepanjen memiliki 9 (sembilan) program keahlian. Jurusan paling diminati tahun sebelumnya adalah Administrasi Perkantoran dan TKJ, yakni masing-masing 2 rombel.

Menurut Hesti, keunggulan kompetensi siswa SMK Cendika Bangsa selama ini bisa disejajarkan dengan dengan kompetensi siswa sejumlah SMKN yang lebih mapan. Seperti halnya, meraih juara 3 olimpiade akuntansi di Unikama tingkat Malang Raya belum lama ini. Siswa SMK Cendika Bangsa juga mampu dalam program pertukaran pelajar dengan SMK luar negeri di Asia.

“Kami akan melanjutkan program pertukaran pelajar yang sudah dilakukan sebelumnya. Kreativitas dan kemampuan bahasa asing siswa sangat diwadahi di sekolah ini,” pungkasnya. [min]

Foto: SMK CB dok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *