Media ‘Komik Pelangi’ ala Nani Nurcahyani, Rangsang Kreativitas Ide Siswa

562

Inspirasicendekia.com, MALANG – Menulis kreatif tidak banyak bisa dibuat siswa karena keringnya ide dan motivasi. Media pembelajaran ‘Komik Pelangi’ buatan Nani Nurcahyani (35), guru SMPN 1 Tumpang, bisa merangsang lahirnya kreativitas anak.

Media pembelajaran berbasis android dalam bentuk komik ini sangat cocok dengan anak usia remaja yang memang memggandrungi komik. Hebatnya lagi, media ini dibuat sendiri oleh Nani dan bisa diunduh melalui aplikasi google playstore di gawai berbasis android.

“Komik ini sebagai stimulus agar keterampilan siswa dalam menyajikan teks cerita fantasi meningkat. Anak dengan mudah bisa menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk komik,” kata Nani Nurcahyani, Selasa (22/1).

Pemanfaatan media pembelajaran ini diharapkan membantu mencapai tujuan pembelajaran, yakni mengajak siswa kritis, komunikatif, kreatif, dan kolaboratif.

Nani Nurcahyani MPd (tengah), saat penghargaan Lomba Media Pembelajaran Guru Nasional Kemdikbud.

“Terlebih, keterampilan menulis siswa masih rendah karena beberapa penyebab. Diantaranya, media sedikit, guru kurang variatif dalam pembelajaran, dan lebih berbasis buku pelajaran,” ungkap guru mapel Bahasa Indonesia ini.

Menurutnya, belajar dengan media komik menjadikan mereka senang, karena bisa berinteraksi langsung dengan media. Tokohnya pun bisa diambil dari foto pribadi yang ada di galeri hape masing-masing.

“Di luar ekspektasi saya, ternyata ide-ide anak yang sederhana, bisa dituangkan dalam bentuk cerita yang apik dalam bentuk komik,” imbuhnya.

Media yang dibuat Nani Nurcahyani dalam bentuk komik juga bukan tanpa alasan. Ia mengaku, memilih komik karena prihatin komik yang biasa dibaca anak-anak didominasi komik luar negeri.

Dikatakan, pelangi merupakan spektrum warna yang ada di langit. Jadi, ia memimpikan, komik pelangi ini diharapkan mampu memberi warna dalam pendidikan di Indonesia.

Media Komik Pelangi ini sempat mendapatkan apresiasi sebagai juara 2 Perlombaan Inovasi Media Pembelajaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, September 2018 lalu. Dari ajang kompetisi nasional ini, sejumlah 9 (sembilan) guru meraih penghargaan Mendikbud untuk kategori SMP. Empat diantaranya berasal dari Jawa Timur.

Nani Nurcahyani sendiri sebelumnya sudah pernah menjadi finalis dan juara 1 Olimpiade Guru Nasional Kemdikbud (2018). Selain berprestasi, lulusan program Magister Unesa ini juga sudah banyak menghasilkan sejumlah karya ilmiah dan tulisan populer tentang literasi. [min]


Beri Komentar
Berita Terkait