Bangun Masa Depan Pemuda, dr Gamal Motivasi Pelajar SMK Mutu

MALANG – Kuliah motivasi kembali diberikan dokter sekaligus social enterpreneur, dr Gamal Albinsaid, kepada pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang, Rabu (27/7/2022).

Selama sekitar 2 jam, dr Gamal membersamai pelajar SMK Mutu dengan siraman spirit dan energi kepercayaan diri meraih sukses sejak usia muda. Kuliah motivasinya ini bertema ‘membangun masa depan pemuda’.

Sebagai pengantar, pesohor dokter muda bergelar magister biomedis ini banyak mengupas perjalanan hidupnya hingga mendapatkan pengakuan berbagai pihak, di dalam negeri maupun dunia.

Selanjutnya, ulasan materinya banyak terkait bagaimana berbagai sebuah pencapaian atau prestasi bisa didapatkan.

“Sebuah pencapaian sukses bisa dari keilmuan yang dimiliki, juga dari promminent. Yakni, karya besar ide dan gagasan yang terus digali dan dikembangkan.

Menurut Gamal, ada empat hal yang mutlak dimiliki agar sebuah pencapaian masa depan gemilang bisa hadir dalam kehidupan kelak. Yakni, kompetensi, portofolio, prestasi, dan pengakuan publik.

Dijelaskan, portofolio adalah karya atau hasil kerja yang kita perbuat. Tidak mungkin sebuah prestasi atau pencapaian didapatkan, manakala tidak ada karya yang dipunyai. Baru, setelah terbukti ada yang sudah kita lakukan hingga berprestasi, maka akan ada kepercayaan publik.

“Menemukan potensi terbaik yang kalian miliki sangat penting, untuk menjadikan kita seperti apa nanti. Maka, passion apa yang dipunyai saat ini, itu yang harus diikuti tanpa mudah lelah dan putus asa,” demikian Gamal menyemangati.

Ia juga menyinggung rumusan teori seorang dosen dari Harvard University, dimana ada keterkaitan antara kekuatan diri, kesenangan, dan kebermaknaan.

Dari pandangan ini, ia lalu menarik kesimpulan bahwa, ketiga hal tersebut mencerminkan bagaimana sebuah karya yang susah payah dibangun seseorang akan begitu bernilai kelak.

Sederhananya, kata Gamal, gagasan dan karya yang bisa dilahirkan berlandaskan kemampuan diri, dilakukan dengan senang sesuai passion, dan tentunya punya kebermaknaan yang bisa dirasakan orang lain di sekitar kita.

dr Gamal Albinsaid terkenal luas pertama kali dengan gerakan sosialnya melalui klinik sampah. Yakni, memberikan pelayanan kesehatan masyarakat kecil dengan biaya hasil pengumpulan sampah mereka.

Apa yang dilakukan sang dokter muda ini sempat jadi atensi Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, pada akhir 2017 silam. Selain itu, atas inisiatifnya ia juga berkesempatan bertemu Putra Kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan juga diundang ke Istana Merdeka. [choirul ameen]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.