ads

Yuks…. Belajar Usaha Onlineshop dari Triyo Jeri, Alumni SMKN 1 Turen

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – SIAPAPUN kini pasti mengenal jual-beli melalui internet atau onlineshopping. Bagi milenial dan pelajar pun, cara berbisnis ini bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk menambah penghasilan asal ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Sebut saja Triyo Jeri Prabowo (23), pemuda yang kini bisa sukses menjalani bisnis personal shopping melalui online. Iseng-iseng saja awalnya Triyo mencoba bisnis ini. Namun, berkat ketekunan menjalaninya, yang dijalani kini tumbuh menjadi bisnis baru yang prospek mendatangkan omset penjualan.

“Berawal dari menjual mainan milik tetangga saya di marketplace tokopedia, terus tertarik merintis (merintis sendiri usaha yang sama,” kenang Triyo Jeri, dalam satu kesempatan wawancara daring dengan inspirasicendekia.com.

Siapa sangka, Triyo jeri yang kala itu masih menjadi pelajar aktif sebuah SMKN terus eksis menggeluti usahanya di sela-sela kesibukannua sekolah. Hingga, ia berinisiatif mendirikan sendiri lapak online yang diberinama Trio Kios. Terhitung sudah sekitar lima tahunan berjalan ini ditekuninya hingga kini.

  • Save

Agar tetap bisa berkembang, ia pun tak kurang akal. Selama beberapa tahun awal lapak online dikelolanya, Triyo pun masih sempat menambah pekerjaan lain untuk menambah modal usaha mandirinya.

Alumni SMKN 1 Turen 2016 lalu ini pun, lalu mulai lebih fokus jualan online dan mengembangkan trikios selama 1 tahun terakhir. Tak mau asal, ia pun berjualan di berbagai marketplace yang ada di media sosial.

Apa yang sudah didapat? Triyo Jeri mengaku selama ini banyak hal yang sudah dapatkan. Selain pengalaman bersama teman yang membuatnya berkembang, ia banyak mendapatkan relasi bisnis, ilmu baru, dan tentunya omset yang semakin meningkat, yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Karuan saja, rata-rata perbulan ia bisa mengantongi hasil berjualan online Rp 40 sampai 50 juta. Penghasilan omset tertetinggi pernah tembus Rp 70 jutaan didapatkannya, selama bulan event hari belanja nasional dan kebetulan stok barang memadai.

Bagi Triyo Jeri, bisnis online shopping sangat menjanjikan. Tahun 2020 ini dan seterusnya, ia memprediksi prospek berjualan online sangat bagus. Terlebih, semua kalangan dari usia muda hingga tua, kini sudah mulai terbiasa menggunakan pasar online untuk mencari produk yang mereka inginginkan. Menurutnya, bisnis online ini bisa dimulai pada berbagai kondisi, juga bisa menjadi pekerjaan sampingan bila masih memiliki pekerjaan utama, atau langsung fokus dijadikan pekerjaan utama.

Apa sih kemudahan berbisnis ini? Menurut Triyo, bisnis penjualan secara online bisa mudah dan bisa juga sulit. Baginya, yang terpenting adalah niat dalam memulai dan berani dengan resiko yang ada, karena setiap pekerjaan ataupun bisnis selalu ada resikonya. Ia mengaku selalu menekankan disiplin, dan terus belajar untuk pengalaman baru kedepannya.

Tak terkecuali bagi pelajar SMK, menurutnya usaha mandiri ini sangat layak dijalani. Menurut Triyo, jualan online bisa jadi pilihan untuk para pelajar sebagai media berwirausaha yang nyata, sekaligus melatih mental dan kemampuan mereka dalam banyak hal, dan kelak bisa jadi pilihan pekerjaan ketika dia sudah lulus sekolah. Ini karena mereka sudah berlatih ketika masih di sekolah, selanjutnya tinggal ditekuni dan dikembangkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *