Ratusan Atlet Difabel Jajal 18 Nomor Renang Paragame

MALANG – Sebanyak 18 nomor lomba cabor renang dijajal ratusan atlet difabel di ajang Paragame di kolam renang Bonderland Pakisaji, Minggu (24/7/2022).

“Ada 18 acara lomba yang digelar pada kejuaraan paragame di cabor renang yang diikuti para atlet difabel ini,” kata Ketua National Paralympics Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Malang, Nur Iman, usai technical meeting di venue lomba, Sabtu (23/7) siang.

Dari acara lomba yang digelar, tiap nomor dibagi pesertanya berdasarkan kelompok usia dan disabilitas atlet pesertanya.

Rincian nomor yang dilombakan, lanjut Nur Iman, adalah gaya bebas 25 meter putra/putri, 50 meter gaya bebas putra/putri, 50 meter gaya dada putri, dan 100 meter gaya bebas putra/putri.

“Tiap nomor lomba ini bisa diikuti semua atlet dengan kelompok disabilitasnya. Yakni, tuna netra rungu dan wicara, tuna daksa dan tuna grahita,” imbuhnya.

Sedangkan, kelompok usia atlet dibagi menjadi usia 13-15 tahun dan 16 tahun ke atas. Khusus kelompok tuna daksa, dibagi dua kategori atlet tuna daksa lower dan upper.

Menurut Nur Iman, kejuaraan renang atlet difabel ini lanjutan dari ajang paragame yang digelar sebelumnya untuk cabor atletik. Di ajang tersebut, diikuti 103 atlet difabel yang bertanding di lapangan stadion luar Kanjuruhan Kepanjen.

“Yang dilombakan di cabor atletik adalah nomor lari 50 meter, 100 meter, dan 200 meter. Nomor lainnya, adalah tolak peluru dan lempar lembing,” jelasnya.

Pertandingan setiap nomor di even paragame ini menggunakan sistem final tanpa penyisihan. Artinya, setiap nomor yang dipertandingkan langsung diambil peserta terbaik untuk juaranya.

Penentuan juara juga diambil dari tiap kelompok disabilitas masing-masing. Pengalungan medali juara paragame digelar bersamaan untuk cabor yang dipertandingkan.

 

Bupati Malang, HM Sanusi, berkesempatan menghadiri even paragame cabor renang dan acara pengalungan medali juara di Bonderland Pakisaji, Minggu (24/7/2022).

Owner Bonderland, Hendra Gunawan, saat mengalungkan medali atlet difabel juara paragame.

Pengalungan medali juara ini juga diberikan owner CV Bonderland Prima Wisata, Hendra Gunawan. Fasilitas kolam renang bertaraf nasional di Bonderland ini sendiri menjadi venue pertandingan eksibisi paragame cabor renang yang digelar NPCI Kabupaten Malang. [amn]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.