Diminati DUDI, 254 Lulusan SMKN 1 Turen Terekrut Kerja Sebelum Wisuda

325

inspirasicendekia.com, MALANG – Kompetensi keahlian siswa SMK cukup bersaing di dunia kerja. Dengan kompetensi yang sudah teruji, siswa SMK bahkan sudah diminati dunia usaha dan industri (DUDI) dan terekrut kerja sebelum wisuda.

Ini seperti terjadi di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang, dimana hampir separo lulusannya terekrut kerja bahkan sebelum wisuda.

“Sekitar 254 siswa-siswi kami sudah terekrut kerja sebelum lulus dan 100 siswa melanjutkan kuliah. Ini artinya selama enam bulan ke depan, bisa dipastikan lulusan tahun ini habis terserap (kerja),” kata kepala SMKN 1 Turen, Sali Rochani.

Ditegaskan, pembekalan bagi calon siswa dan wali siswa sudah banyak dilakukan sebelum lulusan memasuki dunia kerja.

“Alhamdulillah ada peningkatan (keterserapan lulusan yang terekrut kerja) di banding tahun sebelumnya. Ada satu perusahaan yang bahkan puas karena kebutuhan tenaga kerjanya langsung bisa dipenuhi dari siswa kami sejumlah 30 orang,” ungkap Sali.

Akan tetapi, lanjutnya, keengganan siswa dan orang tua masih menjadi kendala jika ada permintaan rekrutmen kerja ke tempat yang cukup jauh.

Sali Rochani menyatakan, setidaknya 145 DUDI pasangan yang selama ini sudah menjalin kerjasama dan menggelar rekrutmen bagi lulusan SMKN 1 Turen. Terbaru, lanjutnya, ada tambahan tiga perusahaan baru yang juga merekrut. Yakni, PNM, PT Solaria, dan PT Kartika Sari.

“Ada satu perusahaan yang biasa merekrut tenaga lulusan S1. Nah, lulusan SMKN 1 Turen juga diambil sebagai pilot project. Saya menjamin lulusan kami bisa bersaing,” demikian Sali Rochani. [rul]


Beri Komentar

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait