Uji Kompetensi Siswa-Guru Otomotif, Astra Daihatsu Gelar SMK Skill Contest

inspirasicendekia.com, MALANG – Puluhan siswa dan guru SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) unjuk kemampuan troubleshooting mesin mobil Astra Daihatsu di Teaching Factory SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi, Sabtu (1/2).

Dalam kontes Pintar Bersama Daihatsu ini, peserta bersaing menunjukkan kemampuan terbaiknya memecahkan soal tentang servis dan perawatan. Para peserta ini dari beberapa SMK binaan Astra Daihatsu Motor (ADM) wilayah Cluster III yang mencakup Jawa Timur dan Bali.

“Penilaiannya pada skill contest ini adalah, troubleshooting bagi guru. Dan, peserta siswa mencakup teknik perawatan berkala mesin mobil dengan benar, untuk jarak tempuh 10 kilometer,” demikian ketua tim juri, Aji Prima Barus Nurcahya, Sabtu (1/2) siang.

Agar kemampuannya lebih meningkat, lanjutnya, maka harus ditambah lagi detil dan kecepatannya dalam menyelesaikan. Terlebih, untuk project skill contest tingkat nasional, maka tentunya soal lebih sulit dan harus bersaing dengan teknisi terbaik.

“Targetnya, waktu penyelesaian untuk guru 30 menit, dan siswa 75 menit. Di regional lain, kemarin ada yang bisa selesai cukup 60 menit,” imbuhnya.

Dikatakan, untuk menjadi teknisi senior mobil standar Astra Daihatsu sendiri harus menguasi beberapa tingkatan keahlian. Yakni, mampu melakukan service hingga jarak tempuh mesin 120 kilometer/jam.

Lomba Daihatsu SMK Skill Contest ini disaksikan langsung Direktur Eksekutif, Technical Service Division PT Astra Daihatsu, Yoshitaka Kita.

Dalam paparanya sebelum awarding juara skill contests, Yoshitaka Kita mengatakan, ajang seleksi ini ditujukan untuk memberi apresiasi dan melihat kompetensi langsung siswa dan guru terbaik jurusan otomotif di Indonesia.

“Kontes ini adalah kali kelima yang diadakan PT Astra Daihatsu untuk mendapatkan peserta terbaik hingga ajang nasional nanti. Hingga kini, sudah terseleksi 39 ribu peserta dari 427 SMK jurusan otomotif,” katanya.

Dari hasil Daihatsu SMK Skill Contest, didapati juara 1 diraih SMK PGRI 3 Kota Malang, atas nama siswa Bayu Aji Cahyo B dan guru Widodo Pangestu. Sedangkan, juara 2 diraih siswa dan guru SMKN 1 Kediri dan juara 3 diraih siswa dan guru SMK PGRI 2 Badung Bali. [rul]

Berita Terkait