ads

Uji Kemampuan Sains Pelajar SMA, Dindik Jatim Gelar OSK Serentak

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Kompetensi siswa jenjang SMA/MA se Jawa Timur diuji serentak hari ini, Rabu (27/2/2019). Mereka bersaing menjadi yang terbaik di ajang Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK) di masing-masing daerah.

Di Kabupaten Malang, OSK dilangsungkan di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Total pesertanya sejumlah 859 siswa.

“Olimpiade sains ini digelar serentak se Indonesia. OSK Kabupaten Malang ini diikuti 859 peserta, mereka berasal dari 56 sekolah. Rinciannya, dari 13 SMAN, 47 SMA swasta, dan 6 MA,” kata Musoli Haris, selaku ketua pelaksana OSK Kabupaten Malang, Rabu (27/2/2019) siang.

  • Save

Dikatakan, sejumlah 9 (sembilan) mapel yang diujikan dalam olimpiade sains ini. Yakni, Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian,
dan Geografi.

“Tiap mapel jumlah soalnya bervariasi. Ada yang harus selesai tiga jam, seperti Matematika dan Kimia. Ada yang hanya 120 menit, seperti mapel Ekonomi, Biologi dan Geografi (ilmu sosial),” jelasnya.

Dikatakan, soal yang dikerjakan peserta murni soal OSN dari pusat. Tetapi, lanjutnya, karena levelnya kabupaten, maka disesuaikan atau tingkat kesukarannya lebih rendah.

Peserta peraih hasil terbaik tiap mapel OSK, nantinya akan mewakili kabupaten/kota berkompetisi di ajang olimpiade serupa tingkat provinsi Jawa Timur pada April 2019 mendatang. Sementara, OSN sendiri ditetapkan akan digelar selama 30 Juni sampai 6 Juli 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

Pelaksanaan OSK 2019 ini menggunakan soal dan kunci jawaban beserta kriteria penilaian yang disusun oleh Tim Pembina OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang ditetapkan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud RI.

“Selesai pengerjaan ini lembar jawaban langsung disegel dan dibawa ke provinsi (Dinas Pendidikan Jawa Timur). Tim koreksi ada di provinsi,” demikian Musoli Haris. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *