ads

Penuhi Sarpras Penunjang, SMAN 1 Bululawang Dikembangkan Multiyears

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Pemenuhan pelayanan pendidikan semestinya mengikuti trend kebutuhan masyarakat. Pengembangan sekolah harus lah visioner terhadap kebutuhan jangka panjang yang terus meningkat.

Ini seperti yang diterapkan di SMAN 1 Bululawang Kabupaten Malang. SMAN ini terus memenuhi standar pendidikan agar benar-benar bisa memberikan pelayanan pendidikan dengan maksimal.

“Sekolah memang harus memenuhi standar nasional pendidikan untuk sarprasnya. Nah, pengembangannya tetap harus sesuai dengan kebutuhan ke depan,” kata kepala SMAN 1 Bululawang, Sulaeman, usai mendapat kunjungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/2/2019).

  • Save

Dengan meningkatnya tuntutan kebutuhan masyarakat ini, menurutnya merencanakan pengembangan sekolah harus dilakukan dengan visioner.

“Mengembangkan sekolah harus melihat kebutuhan jangka panjang, bahkan hingga sepuluh tahun ke depan. Jadi, perencanannya pun tidak bisa serta merta, bisa bertahun-tahun,” ungkapnya.

Kepemimpinan visioner ini seperti dilakukan Sulaeman di SMAN 1 Bululawang, yang tengah merencanakan pembangunan aula besar dan masjid sekolah. Dikatakan, aula dibangun di lantai 2 dengan ukuran luas 50 x 16 meter persegi.

“Mulai tahun ini, dua pembangunan sarpras penunjang tersebut tengah dilakukan, termasuk lahan parkir. Untuk aula saja, kebutuhan dananya mencapai Rp 3,5 miliar dan direncanakan selesai dalam tiga tahun,” ungkapnya.

Karena sepenuhnya swadaya, pihak SMAN 1 Bululawang lebih mengandalkan partisipasi masyarakat, termasuk dari amal jariyah siswanya.

“Untuk masjid anak-anak kami biasakan jariyah setiap hari. Kalau jariyah guru sudah terkumpul setidaknya Rp 100 juta. Sedangkan, partipasi sumbangan walimurid pengalaman tahun lalu bisa mencapai Rp 800 juta,” beber Sulaeman.

Setelah sarpras penunjang masjid dan aula rampung, lanjutnya, pihaknya juga merencanakan lebih membuat lingkungan sekolah asri dan nyaman.

“Rencana tahun-tahun berikutnya, memperbaiki sarpras olahraga dan halaman. Termasuk, melanjutkan program menuju sekolah adiwiyata dan melengkapi fasilitas ruang kelas, agar siswa nyaman belajar,” pungkasnya. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *