Lawan Penyebaran Hoax, WhatsApp Hapus 2 Juta Akun Per Bulan

Inspirasicendekia.com, MALANG – Menjadi aplikasi perpesanan nomor 1 di dunia, WhatsApp sering menjadi media bagi oktum yang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita palsu atau hoax. Kabarnya, mereka akan menghapus 2 juta akun untuk hal ini.

Tidak hanya menghapus akun tak bertanggung jawab, WhatsApp sedang mencoba beberapa langkah lainnya dalam memberantas penyebaran hoax melalui aplikasinya. Beberapa diantaranya termasuk hibah studi untuk para peneliti berita hoax, petugas pengaduan berita hoax, dan membatasi pesan yang diteruskan.

Melansir The Guardian, sekitar 95 persen pelanggar sudah dan akan dihapus akunnya setelah pihak WhatsApp melihat aktifitas yang ‘tidak normal’.

Akun-akun ini biasanya langsung mengirim pesan tanpa mengetik (bot), atau mengirim banyak pesan sekaligus sesaat setelah mendaftar.

Carl Woog, kepala divisi komunikasi perusahaan, menambahkan bahwa ia akan mencekal akun yang yang terindikasi melakukan hal-hal diatas. Bagi pengguna lainnya tidak perlu khawatir karena tampaknya kebijakan ini hanya dikhususkan untuk akun yang secara sistematis mengirimkan berita hoax, kecuali pengguna tersebut berperilaku yang sama.

Yuk, menjadi netizen yang baik. Selalu saring sebelum sharing. (*)

Berita Terkait