Instagram Terapkan Kebijakan Batas Usia Pengguna

inspirasicendekia.com, MALANG – Kemarin (5/12), Instagram merilis sejumlah pembaruan untuk platformnya. Pembaruan tersebut dihadirkan untuk membangun user experience yang lebih aman khususnya kalangan muda. Berikut beberapa pembaruan yang diluncurkan Instagram:

Pembatasan Usia

Melansir detikINET, mulai hari ini (5/12), Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna ketika mereka membuat akun di Instagram. Berdasarkan Ketentuan Penggunaan aplikasi, pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara.

Dengan memberikan informasi tanggal lahir, Instagram dapat mencegah pengguna di bawah umur berada di platform tersebut, menjaga agar para remaja menjadi lebih aman, dan juga akan dapat menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna.

Jika pengguna menghubungkan akun Facebook mereka ke akun Instagram, Instagram akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. Informasi ini bukan informasi terbuka untuk umum dan hanya pengguna sendiri yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram.

Jika pengguna mengedit tanggal lahir di Facebook, tanggal lahir di Instagram pun akan ikut berubah. Namun, jika pengguna tidak menghubungkan akun Facebook dengan Instagram, pengguna bisa menambahkan atau mengedit tanggal ulang tahun mereka langsung di Instagram.

Pengalaman yang Lebih Aman Sesuai Usia Pengguna

Selain untuk membatasi penggunaan platformnya, ternyata Instagram telah menyiapkan fitur anyar yang akan dirilis beberapa bulan mendatang.

Instagram akan menggunakan informasi ulang tahun pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal. Misalnya edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja.

Memperkuat Privasi Pesan Direct

Instagram juga melakukan upaya untuk membantu pengguna mengontrol siapa saja yang dapat mengirimi mereka pesan Direct. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti saja yang dapat mengirimkan mereka pesan dan menambahkan pengguna ke dalam sebuah percakapan grup.

Orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti. (luq/*)

Berita Terkait