Juarai Kreasi Resep Jatim, Cake ‘Kopi Dampit’ ala SMKN 1 Turen Prospek

inspirasicendekia.com, MALANG – Kreasi resep tak biasa dibuat pelajar SMKN 1 Turen Kabupaten Malang. Tingginya minat masyarakat pada kopi asli Dampit, coba dijadikan peluang pasar menjadi pilihan makanan kudapan.

Pelajar berbakat ini adalah Wiwit Nurmala Sari dan Muchammad Alvin, keduanya dari program keahlian Tata Boga SMKN 1 Turen. Wiwit Nurmala dan M Alvin, berkreasi dengan tekun hingga resepnya benar-benar berhasil diterapkan pada kue yang dibikin.

“Cake dari kreasi resep yang kami buat ini, pastinya akan diteruskan untuk dijual. Terlebih, kan sudah mendapatkan juara. Jad, sayang kalau tidak ada kelanjutannya, kata Wiwit Nurmala, Sabtu (7/12) siang.

Ia menambahkan, resep berbahan dasar kopi Dampit terus dikembangkan inovasinya. Apalagi, menurutnya kopi sudah menjadi produk unggulan Bisnis dan Pariwisata di SMKN 1 Turen, terutama jurusan Boga.

“Sejauh ini pemasarannya masih dengan sistem open order dalam lingkup wilayah Turen. Kopi dan olahannya menjadi makanan diproduksi di Kelompok Wirausaha Boga untuk dipasarkan kepada siswa SMKN 1 Turen,” jelas Wiwit.

Sementara, lanjutnya, produk kue dengan resep berbahan kopi ini dibuatnya tidak satu kali coba dan langsung jadi. Bersama temannya, ia mengaku harus mencobanya berkali-kali hingga ditemukan resep yang sesuai dengan kreasi buatan mereka sebelumnya.

Hasilnya, belum lama ini resep kreasi mereka berhasil memenangi lomba cipta dan kreasi resep tingkat Jawa Timur. Pada lomba yang digelar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jatim ini, empat resep karya mereka dinilai terbaik dan menjadi juara 1. Diantaranya, cake berbahan kopi dan daging ikan tuna.

“Kami angkat tema kopi Dampit karena ingin kopi lokal ini dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat. Dan, kopi tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman yang nikmat, melainkan bisa juga diolah menjadi cake yang memiliki harga jual tinggi,” tambah Wiwit.

Dalam resep kudapan yang dibuatnya, mereka juga menggunakan bahan dasar ikan tuna yang merupakan salah satu komoditas laut di daerah Selatan kabupaten Malang.

“Hasil tangkapan ikan di Sendang Biru bila musim ikan harganya bisa sangat murah. Nah, dengan penciptaan menu-menu baru dari olahan ikan ini, harapannya bisa meningkatkan harga jual ikan tuna itu sendiri,” ungkap siswi kelas XII ini.

Tak hanya soal kreasi resep, display penyajian cake ala pelajar SMKN 1 Turen ini juga cukup kreatif. Display sengaja dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekolah. Seperti halnya pemanfaatan karung goni bekas wadah kopi asli yang dibeli di tempat penjualan kopi petani yang ada di dampit.

Dibantu guru pembimbing, bekas karung goni ini pun disulap menjadi taplak meja, tempat cuteleris, bahkan souvenir. Agar lebih berkesan unik, tempat display banyak dihiasi ranting dan dedaunan yang dicari sendiri di belakang gedung sekolah dan sekitarnya. [min]

Berita Terkait