ads

Tim SMK MUTU Juara Terbaik Kontes Sepeda Motor Nasional

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – SMK Muhammadiyah 7 (MUTU) Gondanglegi kembali mampu menunjukkan keunggulan kompetensinya. Juara 1 kontes nasional sepeda motor di Universitas Widyagama Malang 2021 berhasil diraih pelajar SMK Mutu belum lama ini.

Mereka tergabung dalam tim siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Di ajang lomba kompetensi ini, mereka sukses mengungguli peserta dari sejumlah sekolah lain di seluruh Indonesia yang mengikuti kontes bergengsi ini.

Tim SMK MUTU Gondanglegi diwakili tiga siswa, yakni Anggun Dewantara, Brian Didan Kharisma, dan Miftakhul Fikhan Zidni.

“Tim kami berhasil menyisihkan peserta SMK terbaik lainnya dari 50 SMK, termasuk dari Makasar, Magetan dan dari kota yang lain,” kata Muhammad Ghozali, selaku pembimbing tim SMK Muhammadiyah 7.

Sedangkan, juara 2 diraih oleh SMKN 1 Bendo Magetan dan juara 3 diraih SMKN 12 Malang. Masing-masing juara mendapatkan hadiah uang pembinaan, kunci tool set, sertifikat, dan tropi penghargaan.

Dikatakan Ghozali, pelaksanaan lomba dilaksanakan secara daring pada 6 Maret 2021 lalu. Waktu lomba dengan durasi selama 1 Jam, dan setiap tim terdiri dari 3 siswa. Tiap kelompok menyelesaikan job engine tune-up sepeda motor yang disiapkan oleh dewan juri, dan praktik pengerjaan disiarkan langsung melalui video zoom.

M Ghozali mengungkapkan, persiapan tidak kurang dari satu bulan, dan tim dari SMK Mutu tampak sangat percaya diri dalam mengerjakan job tuneup engine sepeda motor yang menjadi materi lomba.

“(Kunci keberhasilannya) anak-anak sudah terbiasa berlatih dengan standar SOP yang ditentukan,” tambah guru muda TBSM yang juga telah memiliki sertifikasi dari Yamaha ini.

Terpisah, kepala progli TBSM SMK MUTU, Alip Supriyadi berharap raihan juara ini dapat semakin meningkatkan semangat belajar siswa.

“Meskipun dalam kondisi pandemi, prestasi tidak boleh ikut terdampak. Koordinasi tim pembimbing yang baik di sekolah ini, diharapkan dapat memotivasi untuk meraih prestasi berikutnya,” demikian Alip.

Prestasi ini melengkapi capaian sebelumnya yang didapat siswa-siswi terbaik dari kompetensi keahlian lainnya. Yalni, meraih juara 1 dan lolos pada empat bidang Lomba Kompetensi Siswa SMK Wilker 3 Jawa Timur 2021 ini. [amn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *