ads

Karya Lukisan Kreatif Pelajar SMPN 4 Kepanjen Dipamerkan Virtual

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Tidak bisa masuk sekolah akibat pandemi bukan berarti tak bisa berkreasi. Setidaknya ini terjadi pada pelajar SMPN 4 Kepanjen, yang tetap menghasilkan karya seni berupa lukisan.

Ada puluhan karya lukisan yang sudah dihasilkan siswa-siswi kelas 9 SMPN 4 Kepanjen selama satu semester. Berbagai lukisan kreatif ini bahkan secara khusus diapresiasi di ajang Virtual Art Exhibition yang digelar SMPN setempat selama 11-13 Maret 2021 ini.

“Kegiatan ini hasil praktik mapel seni budaya, dan harus diikuti semua siswa kelas 9. Gelar karya dikelompokkan menjadi 11 kelas dan lukisan dibuat tiap siswa perkelas,” kata koordinator kegiatan virtual art-exhibition SMPN 4 Kepanjen, Endry Yoheni, Kamis (11/3/2021).

Dikatan Endry, karena pameran harus dilakukan secara virtual, maka apresiasi dan penilaian oleh guru juga harus dilalukan daring. Menurutnya, setiap lukisan anak-anak bisa dilihat melalui akun instagram yang dipunyai tiap kelas atau kelompok.

  • Save

“Kondisi pandemi dan anak-anak belajar di rumah juga tetap harus berkreasi. Karya lukisan yang dipamerkan virtual ini hasil praktik keterampilan seni. Ya, tetap harus ada apresiasi,” jelas guru Seni Budaya ini.

Endry Yoheni menambahkan, lukisan yang dipamerkan ini bertema bebas dan menggunakan media yang berbeda-beda. Ada yang dilukis di media kanvas, kain kaos, bahkan ada yang digambarkan pada sepatu.

Agar lebih menarik minat pengunjung, tiap kelas peserta virtual exhibition ini sengaja memberikan sejumlah hadiah dan doorprize. Hadiah ini diberikan atas apresiasi pengunjung berupa komentar ataupu kritik atas karya lukis yang dipamerkan.

Apresiasi kreatifitas seni seperti ini, sudah dilakukan rutin dan diikuti pelajar SMPN 4 Kepanjen. Sebelumnya, digelar kegiatan serupa untuk karya seni disain grafis. [amn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *