ads

Targetkan 6 Ribu Pelanggan, Tirta Kanjuruhan Tambah Sambungan

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang masih memiliki pekerjaan rumah penyediaan air bersih. Warga sejumlah wilayah kecamatan masih belum sepenuhnya menikmati pasokan air layak konsumsi.

“Target pelanggan air tahun 6 ribu sambungan, namun saat ini masih tercatat sekitar 3.500 pelanggan. Pasokan air ke pelanggan ini hampir merata di 26 wilayah kecamatan saja,” demikian Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Senin (19/8/2019).

Dikatakan, sebenarnya warga Kabupaten Malang sudah tersambung aliran air bersih. Akan tetapi, menurutnya sejumlah titik wilayah masih kerap kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau.

“Hampir tidak ada warga Kabupaten Malang tidak teraliri air bersih, ya. Hanya, titik wilayah khususnya Malang Selatan kerap kekurangan air bersih saat kemarau. Ini karena debit air menyusut 20 sampai 30 persen,” ungkap Syamsul.

Ditegaskan, tujuh wilayah kecamatan masih harus digarap agar penduduknya bisa menikmati pelayanan air bersih.

Sementara itu, lanjutnya, tindakan solusi untuk wilayah kekurangan air bersih akibat kemarau panjang dilakukan untuk kondisi kontigensi. Yakni, mendistribusi air melalui tangki-tangki yang dikirim ke wilayah tersebut.

“Pasokan air bersih bagi wilayah kekurangan ini tidak hanya didistribusi PDAM, namun juga bisa dilakukan truk tangki BPBD, PMI, atau Cipta Karya,” demikian Syamsul Hadi. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *