ads

Spirit HKN, Mengapresiasi Dedikasi Tinggi Sehatkan Negeri

Foto: Rangkaian HKN ke-57 di Pendopo Bupati Malang. (diunduh)

MALANG – Derajat kesehatan masyarakat menjadi prioritas penting program promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Ini diwujudkan dengan dedikasi tinggi agar kesehatan masyarakat tetap terjamin dan meningkat. 

Komitmen mendedikasikan untuk bangsa yang lebih sehat ini juga menjadi spirit peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, yang sejatinya bertepatan dengan tanggal 12 November. 

Dalam rilisnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menyebutkan, sudah banyak program promosi kesehatan dan kinerja pelayanan yang banyak dilakukan selama 2021. Tak terkecuali, kontribusi dan kinerjanya dalam pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 serta kasus stunting. 

Ditegaskan pula, berbagai upaya kesehatan terus dilakukan Dinkes Kabupaten Malang dalam bentuk preventif, deteksi, dan responsif untuk menurunkan angka kasus Covid-19, serta kesembuhan meningkat dan angka kasus kematian bisa dicegah. 

Bupati Malang, Sanusi, cukup puas dengan kinerja pelayanan kesehatan selama pandemi. Menurutnya, cakupan vaksinasi bisa mencapai 74 persen dan 56 persen untuk lansia. 

“Pandemi di Kabupaten Malang cukup terkendali, dimana persebaran kasus Covid-19 nihil, kematian akibat Covid-19 juga nihil,” kata Bupati Sanusi, di sela peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1261, Minggu (28/11/2021) sore. 

Atas dedikasi bagi kesehatan masyarakat di Kabupaten Malang tersebut, setidaknya 12 kategori penghargaan diberikan Pemkab Malang melalui Dinkes Kabupaten Malang. Penghargaan diserahkan saat acara puncak Peringatan HKN ke-57 yang di Pendopo Bupati Malang, pada 26 November 2021 lalu. 

Berikut beberapa kategori penghargaan Dinkes Kabupaten Malang yang diberikan:

Pencegahan dan penanganan COVID-19

Penghargaan diberikan untuk penerapan protokol kesehatan di tempat publik. Selain itu, kepada RS Rujukan penunjang layanan kasus COVID-19, untuk RS UMM, dan penyedia oksigen bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 kepada PT Samator Gas Industri. 

Dalam penerapan proses ini, sejumlah lembaga mendapatkan apresiasi seperti sarana sekolah, pondok pesantren, tempat-tempat wisata hingga pasar umum. 

Penghargaan Kinerja Faskes 

Setidaknya lima penghargaan diberikan Dinas Kesehatan kepada fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama atau puskesmas. Salah satunya, kepada RSUD atas pelayanan kasus ODHA. Juga, puskemas Ampelgading yang sudah mengembangkan integrasi layanan kesehatan masyarakat melalui UKMFlash. 

Program UKMFlash PKM Ampelgading sendiri sebelumnya juga mendapatkan penghargaan inovasi layanan publik dari pemerintah yang diserahkan langsung MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo, dan diterima Bupati Malang, H Sanusi. 

UKMFlash adalah integrasi layanan upaya kesehatan masyarakat dalam intervensi kasus TBC, KB, dan Gizi Masyarakat. Oleh BKKBN, program ini juga diapreasisi dalam konteks upaya pencegahan stunting. 

Sejumlah 7 (tujuh) puskemas juga mendapatkan apresiasi kinerja dalam penanganan penyakit masyarakat. Masing-masing, keberhasilan pengobatan kasus TBC oleh PKM Tajinan, Singosari, Kepanjen, dan Karangploso. Sementara, layanan SPM HIV/AIDS terbanyak oleh PKM Gondanglegi, Pagelaran, dan Pakis. 

Selain itu, puskesmas Ketawang Gondanglegi juga ditetapkan sebagai faskes yang mampu memberdayakan kelompok masyarakat yang mampu perawatan diri penyakit kusta. 

Penghargaan Nakes-Kader Kesehatan

Pemkab Malang juga memberikan apresiasi khusus atas dedikasi tenaga kesehatan atau kader bagi upaya perbaikan gizi masyarakat. Yakni, Pangan Aman (Paman) yang diberikan kepada kader kesehatan dari Desa Ngadilangkung Kepanjen, Luthfiyatul Fiddiyah. 

Nakes PKM Ampelgading, yang juga lead innovator UKMFlah, Dedik Kurniawan, mendapatkan penghargaan khusus sebagai Nakes Teladan Gizi Masyarakat. 

Penghargaan kader pembina pemberdayaan kelompok perawatan diri penderita kusta, juga diberikan kepada Muthmainnah, dari Ganjaran Gondanglegi. [ksm/Mien]

 

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.