Smaloka Artileri, Festival Lukisan, Poster Digital hingga Film Pendek Pelajar

MALANG – Rangkaian gelar karya seni dan kreativitas digelar di SMAN 1 Sumberpucung (Smaloka), pekan lalu.

Salah satunya, ajang festival Smaloka Artileri, yang dipusatkan di hall aula lantai 3 SMAN 1, pada Rabu (15/6/2022). Ajang ini sarat kreasi dan ide-ide orisinil nan unik dan impresif.

Berbagai karya pelajar Smaloka ini dipajang sedemikian rupa memenuhi hall yang berada di lantai 3 ini. Karuan saja, aula ini seperti pusat galeri atau mall seni dengan puluhan booth yang berisi karya-karya hasil bakat dan keterampilan.

Setiap booth diisi 24 karya seni siswa tiap kelas. Paling banyak diisi karya lukisan dan desain poster peserta. Ada pula hasil kreasi kerajinan tangan memanfaatkan bahan bekas pakai.

“Sebagian karya lukis anak-anak sangat bagus, berkelas seniman. Gambar lukisannya halus, dan bernilai seni tinggi. Sudah layak diberi banderol harga,” kesan Kepala SMAN 1 Sumberpucung, Sigit Umbar Purnomo.

Sigit menambahkan, sangat mungkin dan sudah selayaknya jika karya kreatif dari bakat anak didiknya mendapatkan ruang dan apresiasi tersendiri.

Ia mencontohkan, pentingnya dimiliki ruang workshop sekaligus galeri seni agar pelajar Smaloka semakin termotivasi berkarya. Sekaligus bisa menampilkan karya seni terbaik yang sudah dibuat di galeri seni tersendiri.

Ajang Smaloka Artileri ini juga menampilkan tanyangan kreativitas lain hasil bakat dan minat siswa. Seperti film pendek dan komik digital. Ditampilkan pula puisi monolog, juga tari kreasi siswa, di atas panggung seni besar di aula.

Selain dipamerkan bersama, beberapa karya dan kreativitas seni terbaik siswa mendapatkan penghargaan. Salah satunya, karya Dicky Wicaksono, yang meraih juara 2 desain poster.

“Masih pemula, tapi kalau menggambar desain memang suka. Banyak komposisi gambar dalam poster yang saya buat. Yang ditonjolkan gambar siswa yang berlari ke luar sekolah sambil membawa piala,” jelas Dicky.

Selain festival Smaloka Artileri, juga digelar kegiatan lain untuk mewadahi bakat dan kreativitas pelajar setempat. Yakni, gelar karya keterampilan program double track berupa disain grafis dan tata busana. [amn]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.