PPDB SMKN 1 Turen, Tambah 2 Rombel untuk Keahlian TKJ dan Busana

MALANG – Pagu peserta didik baru bagi SMKN 1 Turen bertambah 2 rombel tahun ajaran 2022/2023 ini. Yakni, untuk konsentrasi keahlian
Teknik Komputer Jaringan (TKJ) serta Desain dan Produksi Busana.

“Pagu PPDB di tahun ini semuanya tiga rombel untuk semua program keahlian. Ada tambahan masing-masing 1 rombel untuk keahlian TKJ dan Tata Busana, yang sebelumnya hanya 2 rombel,” terang Plh Kepala SMKN 1 Turen, Ghoniyatul Maziyah, Senin (4/7/2022).

Dikatakan, untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi dan menentukan pilihan jurusan di SMKN yang diinginkan, pihaknya proaktif sosialisasi dan pendataan untuk pemetaan awal.

“Dari pendataan awal yang masuk, tercatat peminat sekolah ini sejumlah 1.320 calon siswa. Pendataan melalui isian link (tautan) sederhana, bukan sebagai link pendaftaran ataupun token,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Ghoniyatul, calon pendaftar ini juga diberikan informasi melalui slide video, flayer, maupun info tahapan PPDB resmi jauh hari sebelum masa pendaftaran.

Desk pelayanan PPDB di SMKN 1 Turen untuk memudahkan calon peserta didik selama pendaftaran.

Untuk memudahkan calon pendaftar, pihak SMKN 1 Turen juga membuka desk layanan PPDB di sekolah selama dua hari, 4-5 Juli 2022. Ada 7 (tujuh) desk, enam diantaranya dilengkapi komputer yang bisa dimanfaatkan membantu masyarakat dalam mengimput data pendaftaran secara online.

Dari hasil pendaftaran calon siswa, yang sudah diterima nanti juga berkesempatan masuk di beberapa Kelas Industri yang ada di SMKN 1 Turen.

Menurut Ghoni, di SMKN 1 Turen ini sudah ada tiga Kelas Industri. Yakni, Kelas Perhotelan kerja sama dengan Ijen Suites, Kelas Alfamart kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, dan Kelas Kuliner (Boga) kerja sama dengan My Kopi’O.

Sementara itu, koordinator operator PPDB SMKN 1 Sujono mengungkapkan, disiapkan desk layanan PPDB bagi masyarakat untuk membantu memudahkan proses pendaftaran.

“Selama 2 hari ini memang jadual PPDB Tahap 5, untuk jalur prestasi dengan nilai raport. Enam desk pendaftaran online bisa melayani pendaftar. Satu desk untuk menangani jika ada kesulitan atau masalah pendaftar,” jelas Sujono.

Menurutnya, ada saja calon pendaftar yang belum sepenuhnya bisa melakukan pendaratan online mandiri. Sekitar 100-an calon pendaftar yang datang untuk dilayani.

“Mungkin belum yakin jika daftar sendiri. Ada yang memang masih kurang paham dengan sosialisasi PPDB. Sebagian besar datang didamping orang tuanya,” ungkap Jono.

Dari hasil pendaftaran online yang masuk, lanjutnya, beberapa konsentrasi keahlian sudah terpenuhi pagu pendaftarnya sejak beberapa jam di hari pertama. Yakni, bisnis digital dan administrasi perkantoran.

SMKN 1 Turen sendiri membuka 7 (tujuh) konsentrasi keahlian. Tiap pendaftar bisa memilih 2 konsentrasi keahlian di sekolah sama yang menjadi pilihan saat pendaftaran.

SMKN 1 ini dinyatakan tersertifikasi di bidang Teknologi Informasi, Bisnis Manajemen dan Pariwisata, serta Seni dan Ekonomi Kreatif. [amn]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.