ads

Serunya LDKS SMAN 1 Dampit, Perkuat Pelajar Pancasila hingga Digital Creative

Foto: Rangkaian kegiatan LDKS OSIS SMAN 1 Dampit.

MALANG – Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 1 Dampit mulai diramaikan dengan Latihan Dasar Kemempinan Siswa (LDKS), selama 18-19/10/2021. Kegiatan ini diikuti puluhan siswa yang merupakan calon pengurus OSIS baru di SMAN setempat.

Dalam LDKS ini, tidak hanya diberikan materi organisasi dan kepemimpinan. Peserta juga diperkuat dengan pembekalan kepribadian personal yang dibutuhkan, sehingga akan mendapatkan kemudahan sebagai pelajar atau peserta didik.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Dampit, Eko Sukirno, dalam sambutannya berpesan, bahwa kerja keras, kerja cerdas dan kekompakan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki calon pengurus OSIS. Ditegaskan, OSIS juga harus berani berinisiatif dalam kegiatan siswa, dengan mengedepankan koordinasi bersama pengurus maupun pembina OSIS.

Terkait kepribadian misalnya, peserta LDKS SMAN 1 Dampit mendapatkan materi tentang manajemen ketakwaan dan bagaimana profil pelajar Pancasila. Selain itu, siswa juga dibekali pengayaan sejumlah keterampilan (soft skills), berupa public speaking, kemampuan administratif dan digital creative.

Ketua OSIS SMAN 1 Dampit, Bima Maulana mengungkapkan, banyak ilmu dan keterampilan yang didapatkan calon pengurus OSIS peserta LDKS ini. Seperti, disiplin manajemen waktu dan bagaimana komunikasi publik yang baik.

“Dalam komunikasi diajarkan bagaimana ketidak di depan umum, juga berbicara dengan orang yang lebih tua. Calon ketua juga harus menyampaikan orasinya nanti sebelum dilantik,” kata Bima Maulana, Selasa (19/10) sore.

Tak hanya dipusatkan di aula sekolah, kegiatan LDKS juga banyak dilakukan secara rekreatif di Kebun Adiwiyata sekolah. Di lingkungan terbuka nan asri ini, peserta mengikuti kegiatan outbond dengan berbagai permainan menyenangkan. Seperti, menancapkan bendera, spidol tali, estafet air, pipa berlobang dan kereta buta.

“Saat materi digital creative, kami diharuskan mencari spot foto di kebun sekolah ini. Hasilnya lalu dilakukan editing semenarik mungkin dan diunggah di medsos sekolah,” demikian Bima. [rul]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.