Serunya KitFess Mandagi, Ajang Uji Kecerdasan dan Unjuk Bakat SMP/MTs

inspirasicendekia.com, MALANG – Kompetisi tryout dan Festival seni (KitFess) ke-11 kembali digelar di MAN 1 Malang (Mandagi) di Gondanglegi, Ahad (9/2/2020). Acara ini menjadi ajang bagi setidak 800 pelajar SMP/MTs se Kabupaten Malang bersaing menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Ajang KitFess ke-11 Mandagi ini tampak semarak dengan sejumlah lomba yang digelar. Selain tryout mapel ujian nasional, juga dilombakan pidato bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris, menyanyi, pioneering dan penampilan seni.

“Ajang KitFess ini digelar tiap tahun, dan kali ini diisi dengan berbagai lomba yang menjadi kesenangan anak-anak. Sekaligus tetap dijaring pelajar berprestasi, salah satunya kemampuan akademik dengan lomba tryout,” demikian Kepala MAN 1 Malang, Dr Khairul Anam MAg, Ahad (9/2) siang.

Dikatakan, selain hadiah uang pembinaan, khusus peserta terbaik juara 1-3 juga akan diberikan beasiswa pendidikan jika nantinya masuk menjadi siswa MAN 1 Malang. Termasuk, kepada Mandagi sendiri yang memang mampu berprestasi akademik maupun nonakademik.

Sementara, waka Humas MAN 1 Malang, Titien Sumartin SPd menambahkan, lomba tryout mencakup empat mapel soal standar UN SMP/MTs, dan masing-masing berisi 50 butir soal untuk tiap mapel.

“Ajang KitFess ke-11 juga dirangkai dengan lomba kepramukaan (Basika), berupa formasi baris berbaris. Tempat lomba menggunakan aula indoor bantuan komite sekolah yang baru dibangun dan diresmikan pemanfaatannya,” jelasnya.

Aula outdoor Mandagi menjadi pusat kegiatan KitFess ini, dengan panggung terbuka untuk penampilan seni peserta. Sejumlah bangunan miniatur hasil lomba pioonering karya tim pramuka terpajang di tempat lomba ini. Juga, beberapa stan yang berisikan karya kreasi daur ulang.

Sejumlah atraksi bakat pelajar Mandagi sendiri juga ditimpilkan sebagai pengisi acara sebelum pengumuman juara KitFess. Seperti penampilan sendratari drama ‘Bandung Bondowoso’, juga atraksi bela diri Kempo dan silat Pagar Nusa. [min]

Berita Terkait