ads

Seleksi Guru Berprestasi, Dindik Uji Kompetensi dan Keprofesian Pendidik

Seleksi Guru Berprestasi, Dindik Uji Kompetensi dan Keprofesian Pendidik
  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Kompetensi dan kinerja pendidik ditunjukkan puluhan guru dan kepala TK/SD/SMP di Kabupaten Malang hari ini, Rabu (27/3/2019). Unjuk kompetensi dan keprofesian ini dilakukan pada Seleksi Guru/Kepala Sekolah Beprestasi yang digelar Dinas Pendidikan (Dindik) setempat.

“Ada enam komponen penilaian seleksi guru menurut pedoman teknis pusat. Tetapi, untuk Kabupaten Malang dimodifikasi sedemikian rupa oleh tim juri,” demikian koordinator pengawas Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Parkiyo MPd.

Parkiyo merinci, komponen penilaian seleksi guru mencakup dokumen portofolio (termasuk pengembangan keprofesian), tes tulis, penilaian kinerja guru (PKG), karya ilmiah, dan penilaian sikap.

Seleksi Guru Berprestasi, Dindik Uji Kompetensi dan Keprofesian Pendidik
  • Save

“Portofolio mencakup rekaman pengembangan profesi dan publikasi ilmiah selama dua tahun terakhir. Sementara, tes tulis berisi tes kompetensi guru, yang mencakup pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial),” beber Parkiyo.

Ditambahkan, bobot penilaian seleksi guru berprestasi diantaranya tes tulis 25 persen, portofolio 30 persen, nilai PKG 20 persen dan PTK 25 persen.

“Pada tes tertuli, yang harus dikerjakan peserta sebanyak 100 soal. Soal tes disusun dan divalidasi oleh tim juri dari pengawas SMP Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Parkiyo mengungkapkan, tes kompetensi guru ini mengukur pembelajaran Level C4 dan keterampilan HOTS. Termasuk juga, pendidikan karakter dan literasi dan pembelajaran abad 21.

Seleksi Guru Berprestasi, Dindik Uji Kompetensi dan Keprofesian Pendidik
  • Save

Dari semua peserta seleksi, nantinya yang masuk peringkat enam besar harus presentasi karya ilmiah. Selanjutnya, ditambahkan penilaian sikap dari kepala sekolah, teman sejawat, siswa dan lingkungan sekolah kepada masing-masing guru yang masuk tiga besar.

Seleksi Guru dan Kasek Berprestasi ini dilangsungkan di SMPN 1 Gondanglegi. Sejumlah 68 guru menjadi peserta seleksi dan memenuhi dokumen portofolio. Tercatat, hanya SMPN 2 Lawang yang absen tidak mengirimkan guru menjadi peserta. [min]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *