Rintis Program Double Track, Dinas Pendidikan Jatim Bekali Keahlian Siswa SMA

204

inspirasicendekia.com, MALANG – Rintis Program double track dirintis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa di sejumlah SMA tahun ini. Tiga SMAN di Kabupaten Malang berinisiatif membuka pelatihan keterampilan dalam program ini.

Tiga SMAN penyelenggara program double track ini adalah SMAN 1 Bantur, SMAN 1 Turen, dan SMAN 1 Ngantang. Di SMAN 1 Bantur misalnya, resmi membuka program double track mulai hari ini, Jumat (9/8/2019). Program Double Track yang diselenggarakan di SMAN 1 Bantur ini untuk bidang keahlian teknik perawatan sepeda motor, multimedia, dan broadcasting.

Dalam acara launching ini sekaligus dilakukan penandatanganan MoU terkait program ini dengan pihak instruktur pendamping dan industri pendukung. Diantaranya dengn SMKN 12 Kota Malang dan SMKN 2 Singosari, serta PT MPM yang diwakili Honda Sukun Kota Malang.

“Program double track ini menyasar siswa SMA khususnya di wilayah pinggiran. Ini menjadi alternatif modal keterampilan bagi lulusan, dimana 60 persen melanjutkan dan 40 persennya bekerja,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, Arif Khamzah MSi, usai membuka pelaksanaan double track di SMAN 1 Bantur, Jumat (9/8) siang.

Arif Khamzah juga mengimbau pihak sekolah untuk memberikan pelayanan maksimal, juga siswa atau peserta supaya program double track ini dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Program pelatihan tambahan ini kelak sangat berguna bagi peserta didik. Tidak semua siswa dan sekolah berkesempatan mengalami program Double Track ini,” pesannya.

Sementara itu, kepala SMAN 1 Bantur Kabupaten Malang, Hastini Ratna Dewi MPd mengungkapkan, program double track tahun ini akan dilaksanakan selama semester, dan bisa diikuti semua siswa.

“Kami akan berikan tiga jenis keterampilan produktif pada siswa sehingga bisa dimanfaatkan kelak. Anak-anak menyambut baik karena sebelumnya belum ada program semacam ini,” kata Ratna Dewi. [min]


Beri Komentar
Berita Terkait