ads

Rerata Nilai USBN Naik, Dindik Kabupaten Malang Siapkan Reward

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI Kabupaten Malang 2019 cukup memuaskan. Rerata nilai USBN mengalami kenaikan hingga 3,45 persen.

Tercatat, rerata nilai USBN SD se Kabupaten Malang sebesar 79,49. Angka ini naik sekitar 3,45 dibanding hasil USBN 2018 lalu, yakni sejumlah 76,04.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengam perjuangan semua pihak dengan kenaikan hasil USBN 3,45 ini. Capaian ini memang layak diapresiasi Dinas Pendidikan,” kata Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Slamet Suyono, Kamis (13/5/2019) siang.

Menurutnya, apa yang dicapai SDN se Kabupaten Malang bisa memenuhi harapan Wakil Bupati Malang belum lama ini. Yakni, kenaikan nilai rerata di atas 9,0 yang lebih merata.

“Jika sebelumnya hanya enam sekolah, tahun ini rerata nilai USBN di atas 9,0 bisa dicapai 30 SDN. Tentunya, harapan pak Wabup terealisasi,” imbuh Slamet.

Ditegaskan, meski belum signifikan kenaikan rerata nilai USBN yang didapatkan, motivasi berupa reward bagi sekolah dan siswa berprestasi tetap akan diberikan.

“Reward bagi sekolah dengan rerata nilai tertinggi 1 sampai 3 kami siapkan, yakni bantuan sebesar Rp 15 juta, 10 juta dan 5 juta. Reward juga diberikan pada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi, yakni peringkat 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 3,” ungkap Slamet.

Pada USBN SD/MI 2019, didapatkan total rerata nilai 238,48. Sedangkan, rerata mapel rinciannya adalah: rerata nilai Bahasa Indonesia 79,66, Matematika 75,19 dan IPA 83,63.

Dari rekap hasil USBN yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, didapati rerata nilai mendekati sempurna, yakni 99,39. Nilai ini diperoleh Alfarrel Rado Evandra dari SDN Girimoyo 01 Karangploso.

SDN Kesamben 01 kecamatan Ngajum juga tercatat mendapat rerata nilai tertinggi. Peserta USBN dari SDN ini mampu mendapatkan rerata nilai 96,09.

Sementara itu, Kasi Kurikulum bidang Pendidikan SD Siti Fatimah mengatakan, sejak awal memang sudah banyak diberikan pembinaan oleh tim Dinas Pendidikan dan bedah kisi-kisi soal USBN di tiap-tiap kecamatan. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *