ads

Ramadan, Menguatkan Siar Kebaikan, Mengantarkan Insan Kamil

Puasa Ramadan menjadi momen yang bisa senantiasa dimaknai dengan berbagai hal baik. Banyak siar kebaikan ditanamkan, untuk semakin mempertebal iman dan meraih ketaqwaan setinggi-tingginya.

Siar kebaikan ini tidak hanya meramaikan masjid dan musala, melainkan juga di berbagai ruang sosial lainnya. Tak terkecuali, di lingkungan sekolah ataupun madrasah.

Hampir semua sekolah menyelenggarakan kegiatan mengisi puasa ramadan, dan diikuti pelajar setempat. Biasanya, dikemas dalam kegiatan pondok ramadan, atau dalam bentuk safari ramadan.

Siar hikmah keislaman seperti digelar di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Sabtu (9/4/2022) pagi. Kajian ramadan dengan tema berbeda diberikan kepada pelajar SMK ini. Yakni, tentang peran pemuda dalam kejayaan Islam, dan kajian akhlaq bertema menyelematkan diri dari pergaulan bebas.

Beberapa hari sebelumnya, majelis ilmu dalam kajian ramadan juga diberikan. Seperti, kajian bertema kejayaan ilmuan muslim abada ke-8 sampai ke-12 M.

Disampaikan dengan pendekatan khas milenial remaja muslim di aula sekolah, dua kajian ramadan ini sarat dengan hikmah dan motivasi, serta ajakan pemuda untuk refleksi dan berhati-hati menyongsong kehidupan masa depannya.

“Materi kajian ini untuk menggugah dan menginspirasi pelajar sebagai calon ilmuan muslim yang hebat,” kata Kepala SMK Mutu Gondanglegi sebagai pemateri, Munali MPd.

Di SMPN 4 Kepanjen, selama bulan puasa ini juga diisi dengan pondok ramadan hampir tiga pekan, mulai 7 sampai 27 April 2022. Pondok Ramadan ini diikuti semua siswa dengan jadual bergiliran, dan dimulai mulai pukul 15.30 WIB tiap harinya.

Kegiatan dipusatkan di masjid sekolah, dan berakhir sehabis waktu tarawih. Setiap hari, disampaikan materi hikmah puasa ramadan, juga tadarus dan salat tarawih berjamaah.

Pelajar jenjang SD juga mengisi ramadan dengan kegiatan serupa selama tiga hari. Seperti di SDN Kedungpedaringan 2, menempa anak-anak didiknya untuk memaknai ramadan dengan sebaik-baiknya.

“Banyak hikmah yang diajarkan. Puasa ramadan harus diisi dengan amalan baik, berlomba-lomba mencari keridhoan Allah SWT untuk meraih insan kamil,” kata guru pembina pendidikan Agama Islam, Nanik Nurjanah, SPdI.

SDN Dilem 1 Kepanjen, juga menyemarakkan ramadan dengan kegiatan Islami di sekolah. Pada Jumat (8/4/2022) lalu, para siswanya diajak melakukan salat dluha berjamaah dan istighotsah. Halaman sekolah ini menjadi tempat kegiatan untuk memperkuat nilai-nilai keislaman anak didik. [min]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.