Rakor Bersama LTMPT, Ini Poin-poin Penting SBMPTN 2019

1.261

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pertemuan yang dilakukan bersama para rektor pergutuan tinggi negeri (PTN) se Indonesia digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMPT) akhir pekan lalu. Dalam rapat ini, beberapa poin penting dihasilkan terkait seleksi bersama (SBMPTN) 2019 ini.

Berdasarkan rilis rangkuman hasil rapat LTMPT, ada setidaknya 10 (sepuluh) poin penting yang dihasilkan dari diskusi oleh perwakilan PTN yang hadir. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Nilai UTBK peserta sifatnya rahasia (hanya diberikan secara individu). Jadi, apabila ada pihak yang melakukan perangkingan UTBK, maka tidak menjadi tanggung jawab LTMPT. Ditegaskan, sampai saat ini, Rektor PTN, Wakil Rektor dan LTMPT tidak pernah mengeluarkan Passing Grade prodi maupun PTN. Apabila beredar passing grade hasil UTBK, maka dipastikan bukan dari LTMPT dan informasi tersebut bisa menyesatkan.
  2. Beredarnya informasi tentang pembobotan sub-tes nilai UTBK untuk bisa masuk ke prodi tertentu di PTN, juga dipastikan tidak benar. Yang benar adalah, sistem akan memilih secara otomatis nilai UTBK yang terbaik dari komposisi nilai UTBK gelombang pertama (paket 1), maupun nilai UTBK gelombang kedua (paket 2) bagi yang mengikuti tes dua kali.
  3. LTMPT dan pihak PTN memastikan, bagi peserta yang sudah lolos SNMPTN secara otomatis akan ditolak oleh sistem jika mencoba mendaftar SBMPTN.
  4. Seleksi SBMPTN 2019 dilakukan oleh masing-masing PTN, bukan oleh
    LTMPT, berdasarkan nilai UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN masing-masing.
  5. Penerimaan melalui jalur SBMPTN sangat tergantung dari beberapa
    hal, antaranya: pilihan PTN, pilihan Program Studi, daya tampung/kuota Prodi, jumlah peminat, nilai UTBK peserta dan keketatan (persaingan) Prodi.
  6. Jadual seleksi SBMPTN 2019 tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Pendaftaran SBMPTN dimulai
    tanggal 10 sampai 24 Juni 2019. Sedangkan, pengumuman hasil seleksi SBMPTN adalah tanggal 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.
  7. Pihak LTMPT membuka kanal informasi untuk pertanyaan seputar SBMPTN 2019. Pendaftar bisa menghubungi:
    Call Center : 0804-1-450-450
    Helpdesk : https://halo.ltmpt.ac.id
    FB/Twitter : @SekreSBMPTN
    Instagram : @sekresbmptn
    Email LTMPT: sekretariat@ltmpt.ac.id

Terkait kriteria lain selain skor UTBK, pihak PTN masih terus merumuskan patokan pastinya. Dikonfirmasi, pihak Universitas Negeri Malang (UM) misalnya, mengaku belum bisa menyebutkan detilnya.

“Sampai saat ini belum ada info tentang hal (kriteria khusus kelulusan SBMPTN UM) tersebut, mas. Sepertinya masih proses pembahasan,” demikian Ifa Nursanti, staf Bagian Kerja Sama dan Humas UM, Selasa (18/5/2019). [amn]


Beri Komentar
Sumber 658 658 658
Melalui 658 658 658
Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.