ads

Siswa Thailand Peserta Pertukaran Pelajar Ikuti Prakerin Perhotelan

Siswa Thailand Peserta Pertukaran Pelajar Ikuti Prakerin Perhotelan
  • Save

inspirasicendekia.com, Kepanjen – Dua siswa asal Thailand yang menjadi peserta pertukaran pelajar antara SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan Udonthani Vocational College Thailand menjalani prakerin bidang perhotelan sesuai program keahlian mereka mulai bulan ini. Tes wawancara di Swiss Bell Hotel sebagai persyaratan awal prakerin telah dijalani sebelumnya belum lama ini.

Kepala SMK Cendekia Bangsa Kepanjen Fahri mengungkapkan, pihaknya memang memiliki sejumlah  mitra hotel untuk penempatan prakerin siswa program perhotelan. Dikatakan, interview ke Swiss Bell untuk tempat prakerin siswa dari Thailand ini nantinya.

“Lama magangnya bisa jadi dipercepat cuma 2 sampai 3 minggu site in class,” terangnya, Minggu (6/11) malam.

Dua siswa Thailand ini, lanjutnya, diinterview paling tidak agar pihak manajemen hotel mengenal kepribadian dan kemampuan awal mereka. Kemampuan berbahasa Inggris dan kompetensinya di bidang perhotelan juga akan dilihat.

Baca: Berdedikasi, GTT Produktif Hasilkan Prestasi Siswa

Menurut Fahri, prakerin dua siswa Thailand yang ikut program jurusan Akomodasi Perhotelan di SMK Cendekia Bangsa ini adalah kali kedua. Sebelumnya, ada 2 siswa asing dari negara yang sama ini yang telah selesai mengikuti prakerin awal Oktober lalu. Di SMK Cendikia Bangsa, mereka mengambil jurusan Akuntansi dan menjalani hanya 2 bulan magang belajar di Indonesia.

Sebelumnya, pihak SMK Cendika Bangsa dengan Udonthani Vocational College terlebih dahulu melangsungkan penandatanganan nota Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan di aula SMK setempat. Dalam keterangannya, Marketing manager SMK CB, Faizal mengungkapkan bahwa MoU yang ditandatangani hari itu adalah untuk pengembangan jurusan Perhotelan dan Tata Busana.

Dikatakan Faizal, kerjasama yang dijalin adalah menyelenggarakan pertukaran pelajar dan guru antar lembaga. Selain itu juga disepakati untuk pembelajaran budaya dan bahasa. Selain dengan Udonthani Vocational College, lanjutnya, SMK CB Kepanjen juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan di Thailand untuk pengembangan jurusan yang lain. Seperti, jurusan akuntansi bekerja sama dengan Kanchanaphisec Technical College dan Mahanakorn Vocational College Thailand.

SMK Cendikia Bangsa Kepanjen saat ini memiliki 600 siswa dalam 9 jurusan atau program keahlian. Rencananya untuk pengembangan lebih lanjut, pihak SMK CB akan menjalin kerjasama dengan lembaga vocational College dari negara-negara lain.

Pewarta: Choirul Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *