ads

Peroleh Bantuan TisTas Pemprov, SMK Swasta Tetap Kerja Keras Jaga Kualitas

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan diberlakukannya kebijakan pendidikan gratis dan berkualitas (TisTas) mulai Juli 2019 mendatang. SMA/SMK bakal mendapatkan bantuan pendidikan dari program ini.

Dengan disertai bantuan biaya pendidikan, program TisTas ini menjadi tantangan bagi SMA/SMK di Jatim. Sekolah harus tetap kerja keras dalam memberikan pelayanan pendidikan bermutu bagi masyarakat.

“Kebijakan pendidikan TisTas Pemprov Jatim memang membantu masyarakat. Sekolah swasta bisa jadi diuntungkan karena bisa menggratiskan. Tetapi, bagi sekolah besar seperti kami, ini justru menjadi tantangan untuk bagaimana tetap meningkatkan pelayanan,” kata Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Maryanto, Senin (17/5/2019) siang.

Informasinya, bantuan TisTas akan diberikan kepada peserta didik semua SMA/SMK di Jawa Timur. Yakni, bantuan SPP sebesar Rp 75 ribu/bulan untuk SMA dan Rp 140 ribu/bulan untuk SMK.

Menurut Maryanto, adanya program TisTas ini harus disikapi. Jika skema bantuan pemprov seperti itu, lanjutnya, sebenarnya masih belum memenuhi kebutuhan ideal di sekolahnya.

“Jadi, berapanya (biaya pendidikan yang ditentukan) saat ini masih belum bisa dipastikan. Kami masih menunggu ketentuan resminya dari Gubernur Jatim,” ungkapnya.

Maryanto lalu merinci, besaran bantuan TisTas belum mencapai separo kebutuhan riil di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sementara, satuan biaya per siswa di SMKM 1 kisarannya minimal Rp 300 ribu lebih persiswa.

“Meningkatkan pelayanan dan kualitas, itu saja kuncinya agar SMK ini tetap menjadi pilihan dan dipercaya masyarakat. SMK harus bisa menyiapkan fasilitas dan membekali siswanya hingga benar-benar bisa terekrut kerja,” tegas Maryanto.

Tahun ini, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sendiri menyiapkan 21 rombel dengan pagu lebih dari 700 siswa baru. Ada 8 (delapan) program keahlian yang bisa dipilih calon siswa. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *