ads

Pembinaan CPNS Dinas Pendidikan, Kadindik Sebut Lima Resep Ini!

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, M Hidayat, banyak memberikan wejangan dalam kesempatan acara Pembinaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Aula SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Kamis (23/5/2019). Untuk menjadi PNS yang baik, para CPNS harus menerapkan lima hal penting.

Banyak pesan dan harapan yang disampaikan Kadindik kepada 579 CPNS yang hadir saat itu. Menurutnya, lima hal tersebut yakni kedisiplinan, etos kerja, semangat kebersamaan, membangun trust, dan berdoa.

“Kedisiplinan harus dimulai dari disiplin diri terlebih dahulu, terutama disiplin. waktu. Kalau pelajaran dimulai jam 7, minimal 6.30 kalian harus sudah berada di sekolah. Selain itu, biasakanlah murid untuk salim ke bapak/ibu guru,” tegasnya.

Hidayat lalu mencontohkan disiplin yang harus dipenuhi di Dinas Pendidikan adalah e-presensi atau presensi secara elektronik. E-presensi ini bisa dilakukan dengan fingerprint, faceprint atau barcode, yang terkoneksi dengan sistem Education Public Service (EPS) yang dimiliki Dinas Pendidikan.

“Bilamana empat kali berturut-turut kalian lupa e-presensi, otomatis nantinya tidak akan mendapatkan TPP (tunjangan profesi). Untuk CPNS, tentunya bahkan akan menjadi catatan khusus penilaian tidak layak menjadi PNS,” tandasnya.

Hidayat menambahkan, bilamana dalam kurun waktu setahun, guru selama empat bulan tidak mendapat TP, maka akan langsung diblacklist sebagai penerima sampai kapanpun. Dan, tentunya akan diperikasa (BAP) oleh inspektorat, karena dinilai tidak memiliki kemampuan menjadi pendidik.

Hal lain yang harus dimiliki CPNS adalah etos kerja. Harus ada kesungguhan dalam diri sendiri untuk mengemban tugas dan kewajiban sebagai seorang pendidik.

“Selanjutnya, membangun semangat kebersamaan. Dalam sebuah organisasi akan tercapai dengan baik bilamana satu bidang membangun kolaborasi antarbidang. Jadi, jangan ada ego atau mentang-mentang sendiri,” pesan Hidayat.

Para CPNS juga harus membangun trust dari dalam dirinya, artinya harus yakin bahwa mereka memiliki kemampuan untuk diberikan ke orang lain. Indikatornya, bilamana setiap tahun murid masuk ke lembaga anda semakin banyak berarti anda dipercaya.

Kadindik Hidayat juga menyampaikan harapannya, bahwa dengan keberadaan CPNS di lembaga pendidikan mampu memberikan warna, setidaknya agar membekali kompetensi di dalam diri siswi-siswanya. Yakni, empat kompetensi dasar berfikir kritis, komunikatif, kolaboratif dan kreatif.

Tidak hanya itu, karakter moral dan kinerjanya terbangun. Karakter moral meliputi sopan santun, taat kepada aturan, relijinya bagus, sayang ke yang lebih muda. Sedangkan, kinerja adalah kemampuan menciptakan, bekerja keras, tidak mudah menyerah, dan cerdas. [sus/min]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *