Pastikan Kinerja, Dinas Pendidikan Visitasi 12 Calon Guru Berprestasi

inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 12 guru jenjang TK/SD/SMP Kabupaten Malang menjadi calon guru berprestasi 2019. Para guru ini mendapatkan kunjungan tim pengawas Dinas Pendidikan selama dua hari ini, Kamis-Jumat (28-29/3/2019).

“Ya, telah didapatkan masing-masing tiga guru dari enam besar peringkat terbaik hasil tes tulis dan presentasi. Hasil juara guru berprestasi ini ditentukan dari visitasi lapangan ke tempat mereka bertugas,” kata Suwandi MPd, Kabid Tenaga Teknis Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Dikatakan, sebelumnya tahapan seleksi guru berprestasi sudah diawali pengumpulan berkas portofolio, dilanjutkan tes tulis lalu wawancara dan presentasi best practices oleh enam besar guru peringkat tertinggi.

“Guru akan dibuktikan kinerja dan kompetensinya apakah sesuai dengan portofolionya. Mereka akan juga mendapatkan penilaian dari kepala sekolah, teman sejawat, termasuk siswa dan lingkungan sekitarnya,” jelas Suwandi.

Terpisah, Parkiyo, ketua koordinator pengawas SMP Dinas Pendidikan mengungkapkan, tahun ini lebih banyak peserta seleksi guru berprestasi muda dan lebih kreatif, terutama dalam kecakapan atau pengembangan keprofesiannya.

“Dari berkas portofolio yang dikumpulkan, publikasi ilmiah guru SMP sekitar 20-30 persen, diantaranya berupa modul pembelajaran, buku penunjang, atau artikel (jurnal),” kata parkiyo.

Dari hasil seleksi, guru SMP yang akan divisitasi tim pengawas berturut-turut dari SMPN 4 Kepanjen, SMPN 1 Ampelgading dan SMPN 1 Karangploso. Sedangkan, jenjang guru SD dari kecamatan Kepanjen, Singosari dan Jabung.

Untuk guru berprestasi TK/PAUD diantaranya dari TK Pembina Kepanjen, TK Al Ihsan Turen, dan TK Muslimat NU 8 Sumberpucung. Sedangkan kepala PAUD/TK dari TK Hasyim Asyari Ngajum, TK Dharma Wanita Malangsuko Tumpang, dan TK PKK Arrohman Pagelaran. [rul]

Berita Terkait