ads

OlympicAD Nasional VI, PWM Jatim Suntik Winning Spirit Juara Umum

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Ajang Olimpiade Nasional Ahmad Dahlan (OlympicAD) ke-VI bakal kembali digelar di Semarang Jawa Tengah, 26-30 Oktober 2019. Ajang ini menjadi ujian sejumlah sekolah Muhammadiyah untuk bisa menyumbang predikat berprestasi seperti tahun sebelumnya.

Persiapan menjelang OlympicAD VI dilakukan pihak Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PW Muhammadiyah Jawa Timur di Surabaya, Ahad (20/10/2019). Ini sekaligus memantapkan kesiapan dan semangat juara pada semua sekolah yang nantinya berkompetisi.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari perhatian Majelis Dikdasmen PWM Muhammadiyah terhadap sekolah yang nantinya berkontribusi dan akan berkompetisi. Jadi, Dikdasmen tidak lepas begitu saja,” kata Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PW Muhammadiyah Jawa Timur, Arba’iyah Yusuf MA, Ahad (20/10) petang.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pembinaan dan pendampingan khusus mapel olimpiade kepada para pelajar calon peserta OlympicaAD. Pendampingan dari tim Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk mapel Matematika, IPA, Fisika, Kimia dan Biologi.

  • Save

Dikatakan Arbaiyah, ada sekitar 60 sekolah Muhammadiyah di Jatim yang siap meramaikan persaingan di OlympicAD VI. Tiap sekolah bervariasi mengirimkan siswa-siswi terbaiknya.

“Varian jumlah peserta antara 5 bahkan sampai 50 siswa. Ya, sekitar 1.000 lebih peseta dari Jatim nantinya,” imbuhnya.

SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang misalnya, bakal menurunkan peserta didik terbaiknya pada 17 bidang lomba.

“Setidaknya, peserta 5 sampai 7 bidang lomba diunggulkan meraih juara,” kata Munali, koordinator tim OlympicAD dari SMK Muhammadiyah 7.

Menurutnya, SMK Mutu selama ini memang tidak pernah absen dan hampir selalu membawa pulang medali juara OlympicAD. Bahkan, ada beberapa langganan juara 1, seperti bidang lomba KTI dan Bisnis Plan.

Ia berharap, pelajar terbaiknya mampu menjadi penyumbang untuk bisa mempertahankan juara umum Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PWM Jawa Timur.

“Juara umum diambil dari provinsi yang paling banyak mendulang medali. OlympicAD tahun sebelumnya, SMK Mutu berhasil menyumbangkan 13 medali juara untuk Jatim,” kata Munali. [min]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *