ads

Mendalami Pemahaman Islam, Pelajar Sekolah Muhammadiyah Ngaji Ramadhan

Mendalami Pemahaman Islam, Pelajar Sekolah Muhammadiyah Ngaji Ramadhan
  • Save

Inspirascendekia.com, MALANG – Gedung Teaching Factory yang luas cukup leluasa bagi ratusan pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi melalukan salat fardlu dan tarawih berjamaah, Selasa (6/6). Hanya beralaskan sajadah masing-masing, para pelajar laki-laki ini tetap bisa menjalankan ibadah salat dalam suasana tenang.

Salat berjamaah fardlu dan tarawih yang dipusatkan di gedung Tefa ini menjadi salah satu rangakaian kegiatan Ramadhan Summer Camp di SMK Mutu. Selama Senin-Jumat, 5-6 dan 7-9 Juni 2017, seluruh siswa-siswi kelas X dan XI diharuskan mengikuti kegiatan RSC ini.

Ketua kegiatan Ramadhan Summer Camp SMK Mutu Ari Yudiarko mengungkapkan, materi yang diberikan agar siswa memiliki pemahaman yang benar terkait ibadah wajib dan amalan lainnya. Karena materi padat, semua kegiatan Ramadhan juga dikemas sedimikian rupa agar tidak menjenuhkan bagi anak-anak.

Selama kegiatan Ramadhan Summer Camp ini, peserta harus mengikuti seluruh kegiatan mulai pagi hingga malam. Diawali sahur bersama, ada setidaknya empat materi keagamaan yang diberikan agar keimanan dan ketaqwaan siswa bertambah. Kegiatan diselingi dengan berbagai lomba, seperti lomba kaligrafi, pidato, membaca tartil, tahfidzul qur’an, dan lomba cerdas-cermat.

Untuk tadarus misalnya, tujuannya untuk memetakan kemampuan membaca AlQur’an siswa, mana yang sudah lancar dan kurang lancar, dan siapa yang masih butuh bimbingan. Setelah kegiatan, tambah Ari, nantinya ditindaklanjuti dalam kegiatan keagamaan dimana anak-anak IPM bisa terlibat memberi bimbingan.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Sejak Kamis (1/6), sekitar 350 siswa-siswi SMK ini juga diperkuat pemahaman keagamaannya dalam kegiatan Darul Arqam di sekolah yang dijadualkan selama sepuluh hari ke depan. Kegiatan dipusatkan di Masjid Suail SMK Muhammadiyah 5.

Tak sebatas kegiatan keagamaan, Darul Arqam di SMKM 5 Kepanjen juga sengaja dikemas dengan berbagai acara lomba dan unjuk kemampuan siswa-siswi di bidang keagaamaan dan seni Islami. Rangkaian acara yang dilaksanakan seperti lomba azan, kaligrafi, hingga fashion show busana muslim/muslimah. [sil/rul]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *