Lomba Siswa SD Berprestasi, Bakat dan Kemampuan Anak Pelosok Pun Tergali

138

inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah SD di wilayah pinggiran Kabupaten Malang kembali terangkat. Ini menyusul didapatkannya prestasi yang diraihnya dari ajang Lomba Siswa SD Berprestasi yang digelar Dinas Pendidikan pekan ini.

Sebut saja, SDN Pandesari 04 Pujon yang meraih peringkat juara 1 atasnama Hurrin Jannah Fayyumi. Juara terbaik 1 putra juga diraih siswa SDN 01 Wajak atas nama Rakadenta Aruna Mahardika.

“Saat lomba saya mengarang tulisan bertema Kemerdekaan Indonesia, dan juga tampil menyanyi solo Indonesia Jaya. Saat tes tulis, paling sulit soal IPA,” Rakadenta Aruna Mahardika, usai penerimaan hadiah juara lomba.

Lomba Siswa SD Berprestasi ini memang menjadi ruang unjuk bakat dan kemampuan pelajar SD se Kabupaten Malang. Di ajang ini, bakat terbaik bermunculan dari peserta perwakilan 33 kecamatan.

Peserta lomba siswa berprestasi ini bersaing dalam tes tulis lima mapel, mengarang, dan unjuk keterampilan seni atau komputer. Pada lomba ini, dijaring masing-masing enam nominasi peringkat terbaik peserta putra dan putri. Tim juri yang beranggotakan kelompok kerja pengawas sekolah (KKPS) SD juga menentukan juara dari tes wawancara dan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya.’

Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengungkapkan, lomba semacam ini untuk menggali dan menjaring apa yang dimiliki anak-anak, baik akademik maupun keterampilan lainnya. Harapannya, dihasilkan siswa-siswa teladan yang bisa menular pada semua siswa lainnya.

Karena itu, lanjutnya, keteladanan prestasi yang dimiliki ini bisa menginspirasi ke bawah, bahwa semua siswa juga bisa berkesempatan tergali bakat kemampuan akademik maupun non akademiknya.

Slamet menambahkan, harapan karakter baik anak juga bisa didapatkan. Terlebih, dengan unjuk keterampilan di panggung dan wawancara, maka bisa menanamkan karakter mental dan kepercayaan diri, juga bagaimana berkomunikasi dengan baik.

“Ya, memang semua tidak terlepas dari pembinaan oleh guru. Siswa berprestasi itu, pastinya terlahir dari guru-guru yang bagus kinerja prestasinya,” tegasnya.

Hasil lomba lainnya, untuk putri diraih Keyla Navir Sherinna dari SDN Gondanglegi Wetan 01 (juara 2) dan Salsabila Azzahra dari SDN 1 Kalipare (juara 3). Sedangkan, untuk putra diraih Alfreda Risqullah S dari SDN Domomulyo 1 (juara 2) dan Marcel Dwi Santoso dari SDN Kidal Tumpang (juara 3). [min]


Beri Komentar
Berita Terkait