Kuliah Tamu Teknologi Industri, SMK Mutu Hadirkan Praktisi Yamaha

227

Inspirasicendekia.com, MALANG – Kuliah tamu menghadirkan praktisi industri kembali diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (10/8/2019). Perkembangan teknologi sepeda motor dan tuntutan industrinya banyak berikan pada siswa peserta kuliah ini.

Kuliah tamu kali ini diberikan Service Manager PT Yamaha Area Malang Raya, Aulia Agusta Arifana, yang mengupas topik ‘Menyiapkan sumberdaya teknik dan bisnis sepeda motor menyongsong era Revolusi Industri 4.0’.

“Kuliah tamu ini bentuk upaya mengurangi gap (kesenjangan) kompetensi di SMK dengan tuntutan industri. Agar skill yang dimiliki siswa SMK lebih siap memenuhi apa yang dibutuhkan industri,” kata Agusta Arifana, usai memberi kuliah, Sabtu (10/8) siang.

Selain kuliah tamu oleh praktisi, lanjut Agusta, mengurangi gap ini juga dilakukan dengan sinkronisasi kurikulum, magang belajar guru ke mitraindustri, dan praktek magang kerja siswa.

Ditegaskan, yang ditekankan pada siswa SMK binaan Yamaha terkait penguasaan skill tiga hal, teori, praktik, dan komunikasi.

“Selain guru tamu atau magang belajar, kami siapkan bengkel Yamaha untuk praktik kerja. MoU-nya setidaknya selama enam bulan oke lah, agar siswa lebih expert (mahir),” beber Agusta.

SMK Mutu sendiri membuka Kelas Industri Yamaha, dan telah bekerja sama dengan PT Yamaha lebih dari 6 (enam) tahun silam. SMK Mutu juga berpredikat level A sekolah binaan Yamaha.

Sebelumnya, juga digelar workshop PLC Omron di SMK Mutu, 6 sampai 7 Agustus 2019 lalu. Workshop ini diberikan kepada siswa untuk meningkatkan kompetensi keahlian teknik instalasi kelistrikan dengan narasumber dari CV Snuma Manufactur Surabaya, Darwanto ST.

Kepala program keahlian teknik listrik SMK Muhammadiyah 7, Munali ST mengungkapkan, PLC sendiri merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan kompetensi keahlian Otomasi Industri. Siswa juga perlu tahu, karena ada kompetensi instalasi listrik berbasis PLC.

Menurutnya, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyiapkan siswa menyongsong pelaksanaan ujian sertifikasi di SMK Mutu Gondanglegi, sebagai salah satu Cluster dalam LSP P1 Teknik Instalasi Tenaga Listrik. [rul]


Beri Komentar
Berita Terkait