ads

Kuliah di UNIRA Malang, Kompetensi Mahasiswa Kini Lebih Bersaing

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Mahasiswa yang kuliah di kampus swasta kini bisa lebih bersaing. Dengan berbagai kesempatan dan kemudahan yang ada, kampus swasta juga lebih berkompetisi untuk melahirkan kompetensi unggul lulusannya.

Kesempatan ini juga yang dipunyai mahasiswa di kampus Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang. Dengan berbagai akses kemudahan yang bisa diberikan, mahasiswa UNIRA juga memiliki kesempatan seperti halnya mahasiswa PTN lainnya.

“Banyak peluang dari pemerintah (Kemenristek-Dikti) yang juga diberikan kepada kampus swasta. Meski dalam masa pandemi kini, kesempatan dosen dan mahasiswa tetap ada untuk mengembangkan keilmuannya,” kata Wakil Rektor II UNIRA malang, Dr Sutomo MSos.

Dikatakan, peluang bersaing bagi kampus UNIRA ini seperti kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Menurutnya, setidaknya ada 25 kegiatan tersebut yang mendapatkan pendanaan pemerintah dari 50 proposal yang diusulkan.

  • Save
Kegiatan pengenalan kampus UNIRA Malang (foto diambil sebelum pandemi/dok)

“Kami ingin lebih serius tahun ini, dengan menyiapkan 99 proposal. Untuk mahasiswa, bisa berkesempatan pada Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PKM),” jelasnya.

PKM ini, kata Sutomo, bisa mendorong dihasilkannya produk inovasi sesuai kajian keilmuan mahasiswa dengan satu dosen pembimbing. Menurutnya, UNIRA tetap optimis akan mampu meningkatkan kesempatan ini, walau tidak terlalu berambisi karena masa pandemi.

Peluang dan keutungan lainnya, lanjut Sutomo, ada pada kegiatan KKN Tematik yang ditambah ekuivalensinya menjadi 8 (delapan) SKS. Termasuk, sejumlah program beasiswa dan kemudahan pembiayaan kuliah lainnya.

“Mahasiswa juga berpeluang mendapatkan beasiswa dari pemerintah, seperti KIP Kuliah, beasiswa dari BAZNAS, BRI, juga Bantuan UKT sebagai dampak pandemi,” kata Sutomo.

Bantuan UKT ini, lanjutnya, bisa didapatkan lebih dari 500 mahasiswa dengan nominal bantuan Rp 2,4 juta tiap semester, dan bisa dimanfaatkan untuk pengganti biaya kuliah (SPP).

Selain dari pemerintah, lanjutnya, kampus UNIRA sendiri juga memberi banyak beasiswa khusus. Diantaranya, beasiswa 99, beasiswa mulia, beasiswa prestasi, dan tahfidz quran.

“Nah, mahasiswa atau calon mahasiswa tidak hanya dihadapkan pada kewajiban pembiayaan kuliah saja. Namun, juga sudah disiapkan berbagai kemudahan melelui skema beasiswa yang ada,” demikian Sutomo. [min]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *