Kuliah Bareng GM Hotel, Angkat Peluang Industri Wisata Malang Selatan

319

Inspirasicendekia.com, MALANG – Malang Selatan tidak sekadar memesona dengan keindahan alam dan pantainya. Banyak potensi industri pariwisata yang bisa dikembangkan di kawasan ini.

Peluang bagi industri kreatif dan kepariwisataan ini banyak digali pelaku bisnis perhotelan, Zam Zam Hotel and Convention dari Kota Batu, dalam kesempatan kuliah tamu di SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi, Sabtu (3/8/2019).

Di hadapan guru dan siswa jurusan Perhotelan dan Jasa Boga SMK Mutu ini, guru tamu Hendra Rustiady selaku General Manager Zam Zam Hotel, banyak memberikan motivasi sekaligus tantangan.

Ia mengawali kuliahnya dengan mengungkapkan masalah kurangnya sumberdaya pelaku pariwisata di Banyuwangi. Ia lalu menegaskan tidak ingin hal itu terjadi di Malang Selatan, dan oleh karenanya, ia pun tergerak untuk membagi ilmunya di SMK Muhammadiyah 7 ini.

Hendra Rustiady pun mengingatkan, agar siswa-siswi Perhotelan dan Tata Boga memiliki manajemen diri yang baik. Dalam hal ini meliputi sikap pada diri sendiri, sikap kepada orang lain, sikap pada masalah, dan sikap meyelesaikan pekerjaan.

“Untuk bisa menjadi praktisi perhotelan yang hebat, harus memiliki jiwa leadership yang mampu berpikir besar. Kalian tidak boleh hanya bangga sebagai employer, melainkan harus bercita-cita menjadi general manager. Tentunya, kompetensinya juga diringi wawasan pengetahuan yang baik mengenai pariwisata,” pesan pria yang juga sebagai asesor perhotelan ini.

Lalu, bagaimana membaca peluang pariwisata di Malang Selatan? Menurutnya, pelaku usaha harus berpikir di luar kebiasaan. Dimana seseorang harus pandai membaca kebutuhan customer hingga menciptakan kebutuhan pasar.

Terpisah, waka humas SMK Muhammadiyah 7 Isa Ansori mengungkapkan, kuliah tamu ini digelar untuk menyiapkan lulusan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan peluang dunia industri. Siswa jurusan ini diharapkan juga memiliki kompetensi berkualitas agar mampu berkompetisi di dunia kerja.

Selain kuliah tamu bersama praktisi perhotelan ini, juga dilangsungkan kegiatan serupa menghadirkan pihak BUMN Kimia Farma. Kegiatan ini untuk memantapkan skill siswa program keahlian Kimia Industri, sebagai bekal prakerin dan pengenalan dunia kerja. [*]

Kontributor: Amsori
Editor: Choirul Amin

Berita Terkait